Tiga Pemuda Gayo Wakili Indonesia pada Asean Youth Forum 2016 di Kamboja

Laporan : M.A Ghaitsa

Takengon – lingepost.com : Tiga pemuda Gayo terpilih menjadi perwakilan Indonesia pada penyelenggaraan Asean Youth Forum (AYF) 2016 di Siem Reap, Kamboja.

Mereka adalah Khairi Tuah Miko, Aramiko Aritonang, dan Fitri Yana.

Ketiga pemuda Gayo ini ikut bergabung bersama 10 pemuda lainnya sebagai perwakilan Indonesia di forum antar negara-negara di Asia Tenggara tersebut.

AYF dijadwalkan berlangsung pada 22 s/d 24 Agustus 2016. Forum ini akan membahas berbagai isu krusial anak muda seperti radikalisme, human trafficking, hak dan kebebasan berpendapat, serta kemajuan demokrasi dikalangan muda.

“Isu-isu krusial seperti radikalisme dan human trafficking akan didiskusikan dan dicari solusinya dalam forum ini. Serta isu lokal yang ada di wilayah Gayo saat ini,” kata Fitri Yana.

Pemudi Gayo ini menjelaskan bahwa AYF menjadi sangat penting untuk bisa membangun jaringan kerjasama antar kelompok anak muda di regional ASEAN.

Menurutnya, kerjasama efektif antar anak muda di ASEAN akan memberikan kekuatan bagi aksi-aksi bersama dalam advokasi anak muda di tiap negara.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Aramiko Aritonang. Pemuda asal Kabupaten Aceh Tengah ini menilai forum tersebut penting untuk membangun kekuatan pemuda dalam memperjuangkan hak-hak demokrasi dan kualitas hidup yang lebih baik.

“Melalui pemberdayaan dan keterlibatan yang berarti, para pemuda dari seluruh penjuru kawasan Asia Tenggara dapat mendiskusikan masalah yang dihadapi (Di masing-masing negara). Serta melakukan dialog dengan berbagai pemangku kepentingan dan menentukan nasib mereka sehubungan dengan isu-isu terkini,” kata Aramiko.

Aktivis GMNI ini menyebut bahwa AYF memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas pemuda dalam mengatasi setiap masalah yang dihadapi, khususnya terkait hak dan kebebasan berpendapat.

“Melalui forum ini, anak muda di Asia Tenggara didorong untuk berupaya bersama mengimplementasikan Deklarasi ASEAN 2014 atau dikenal dengan Deklarasi Yangon 2014,” tutur Aramiko.

AYF tahun ini, kata Aramiko, bertepatan dengan penyelenggaraan ASEAN Senior Officials Meeting on Youth yang juga berlangsung di Siem Reap, Kamboja. Sementara AYF tahun 2015 telah diselenggarakan di Malaysia.

 

%d blogger menyukai ini: