Tari Saman Gayo Lues Semarakkan Pembukaan Pekan Kebudayaan Gayo

Penampilan Tari Saman pada acara pembukaan Pekan Kebudayaan Gayo di GOS Takengon, Sabtu malam (19/2/2022).

Takengon | lingePost - Penampilan Tari Saman oleh para penari dari Kabupaten Gayo Lues ikut menyemarakkan acara pembukaan Pekan Kebudayaan Gayo di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Sabtu malam (19/2/2022).

Sebanyak 17 penari Saman dari Negeri Seribu Bukit tersebut datang langsung bersama rombongan Bupati Gayo Lues Muhammad Amru.

Sontak penampilan para penari ini disambut gemuruh tepuk tangan penonton. Para penonton yang memadati halaman GOS Takengon tampak sangat terpukau dengan atraksi tarian yang telah mendunia ini.

Pekan Kebudayaan Gayo digelar oleh Dewan Adat Gayo bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam rangka peringatan HUT ke-445 Kota Takengon tahun ini.

Ketua Panitia Sukur Kobat dalam laporannya menyampaikan bahwa Pekan Kebudayaan Gayo akan berlangsung selama sepekan mulai 19-26 Februari 2022.

Diantaranya kata dia akan digelar pameran peninggalan benda-benda bersejarah pusaka Kerajaan Linge, Festival Tari Guel dan lagu Himne Gayo, seminar adat dan budaya Gayo, atraksi adat dan seni Gayo, serta perlombaan pentas seni Gayo dengan total hadiah sebesar Rp50 juta.

"Kegiatan ini digelar agar generasi muda tidak lupa akan adat dan budayanya," kata Sukur Kobat.

 

Lihat Video Tari Saman Di Sini :

 

KM