Popda XV/2018 di Aceh Tengah Resmi Dibuka

Pembukaan Popda XV/2018 di Lapangan Musara Alun Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Rabu 2 Mei 2018

Laporan : M.A Ghaitsa

Takengon - lingepost.com : Gubernur Aceh Irwandi Yusuf diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan, T Syakur, secara resmi membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh XV/2018 di Kabupaten Aceh Tengah, Rabu 2 Mei 2018.

Irwandi Yusuf dalam pidato tertulis yang dibacakan, T Syakur, menyampaikan bahwa Popda merupakan sarana evaluasi terhadap pembinaan atlet pelajar yang selama ini dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Selain itu, Popda juga disebut sebagai ajang seleksi sekaligus untuk memantau bakat para atlet pelajar Aceh agar kedepannya bisa mendapatkan pembinaan yang lebih khusus.

"Karena itu kita akan mencari bakat-bakat unggul dari proses seleksi yang dilakukan melalui Popda ini," tutut Irwandi dalam pidato tertulisnya.

Irwandi mengingatkan bahwa atlet berprestasi tidak datang dari langit atau terbentuk begitu saja melainkan harus melalui proses pembinaan yang berkesinambungan.

"Untuk kelak dibina secara khusus agar kelak dapat tampil sebagai atlet yang profesional," ujarnya.

Ketua Panitia Popda XV/2018 Aceh Tengah, Karimansyah, dalam laporannya menyampaikan bahwa even tersebut akan mempertandingkan 11 cabang olahraga yaitu atletik, bola basket, bola voli, sepak takraw, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, pencak silat, karate, taekwondo, dan sepak bola.

"Popda XV/2018 dilaksanakan mulai hari ini Rabu 2 Mei 2018 hingga penutupannya yang direncanakan pada tanggal 8 Mei 2018," sebut Karimansyah.

Karimansyah menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Popda Aceh juga merupakan sebagai ajang kualifikasi bagi sejumlah cabang olahraga untuk menuju Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) dan kemudian menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

"Maksud diselengarakannya Popda Aceh adalah sebagai wahana evaluasi terhadap penyelenggaraan pembinaan olahraga pelajar di kabupaten/kota disamping sebagai ajang seleksi olahraga pelajar Aceh untuk mengikuti Popwil dan Popnas," tutur Karimansyah.

Tutur hadir dalam acara pembukaan tersebut Ketua Umum KONI Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Ketua Badan Pembina Olahraga Pelajar Indonesia Wilayah Aceh, Bupati Aceh Tengah, Danrem Lilawangsa, dan unsur Forkopimda Aceh.

%d blogger menyukai ini: