Pernah Jaya, Tembakau Terbaik dari Gayo kembali Dikembangkan

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar ikut melakukan tanam perdana tembakau bersama Kelompok Tani Tuah Jaya di lahan uji tanam SMK N 2 Takengon, Selasa 30 Januari 2018

Laporan : Hafiz Mirsada

Takengon – lingepost.com : Selain kopi Dataran Tinggi Gayo juga memiliki tembakau kualitas terbaik.

Tembakau yang tumbuh di wilayah pegunungan Gayo dulunya pernah sangat diminati, sebelum petani di daerah ini tidak lagi menanamnya sebagai komoditas unggulan.

Namun kini, tembakau gayo akan kembali dikembangkan.

Petani di wilayah Pegasing Kabupaten Aceh Tengah mulai melakukan uji tanam tembakau untuk tujuan pengembangan tanaman ini bagi para petani di wilayah tersebut dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Uji tanam dilakukan oleh Kelompok Tani Tuah Jaya di lahan SMK N 2 Takengon, pada Selasa 30 Januari 2018.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, turut hadir dalam kegiatan tersebut serta ikut melakukan penanaman perdana bibit tembakau terbaik dari Gayo di lahan uji coba.

“Prinsipnya kita dukung seluruh upaya masyarakat. Soal tembakau, kita punya yang terbaik. Hanya kendalanya saat ini di teknologi dan pemasaran,” tutur Shabela.

Shabela mengatakan tembakau gayo dulunya pernah jaya dan banyak pengusaha dari daerah itu sukses berdagang tembakau.

Namun, dia juga mengingatkan agar para petani tetap mewaspadai harga jual tembakau yang tidak selalu stabil.

“Sehingga perlu juga dipikirkan tanaman lain yang dapat ditumpangsarikan dengan tanaman tembakau,” saran Shabela.

Melihat upaya yang dilakukan Kelompok Tani Tuah Jaya Pegasing, Shabela, merasa yakin tembakau gayo akan kembali berjaya dan mampu memberi dampak pertumbuhan ekonomi yang baik bagi para petaninya.

“Kita gaungkan tembakau Gayo ini kembali, kita mulai dari Pegasing,” ujarnya.

Uji tanam yang dilakukan merupakan kelanjutan dari studi banding yang dilakukan oleh Kelompok Tani Jaya Pegasing ke lahan pertanian tembakau di Sumatera Utara dan perusahaan tembakau disana.

Ketua Kelompok Tani Tuah Jaya, M Yunus, mengatakan pihaknya juga telah menjalin kerjasama terkait pemasaran tembakau yang akan dikembangkan oleh petani di Gayo.

“Kita lihat di Sumatera Utara sistem pasarnya sudah mulai baik,” kata Yunus.

Petani ini berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah terus memberi dukungan secara berkelanjutan kepada para petani untuk kembali bisa mengharumkan nama tembakau gayo sebagai tembakau kualitas terbaik yang banyak diminati para pecinta tembakau.

%d blogger menyukai ini: