Peringati HUT Kota Takengon, Bupati Shabela Ajak Semua Komponen Bersatu

Bupati Shabela Abubakar menyampaikan laporan pertanggungjawaban pimpinan daerah dalam upacara adat HUT ke 444 Kota Takengon, Rabu (17/2/2021).

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengajak semua komponen dan elemen masyarakat di daerahnya untuk terus bersatu membangun daerah, dalam norma-norma adat, petunjuk agama, serta berdasarkan ideologi Pancasila.

Menurut dia, momen peringatan Hari Jadi Kota Takengon tahun ini juga harus menjadi semangat bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pelayanan prima demi mewujudkan masyarakat Aceh Tengah yang adil dan sejahtera.

"Di usia kota yang telah mencapai empat setengah abad ini, tentunya banyak kisah sejarah yang mulai renggang atau bahkan terlepas dari ikatannya, sehingga perlu terus diulas kupas dan dikenang, agar riwayatnya tetap membekas disanubari rakyat, terutama para generasi muda," kata Shabela dalam Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Takengon ke 444 di Aceh Tengah, Rabu.

Selaku pimpinan daerah, Shabela juga berharap agar pelestarian adat istiadat dan lingkungan hidup ke depan dapat terus menjadi nafas dalam setiap gerak aktifvtas masyarakat di daerah dataran tinggi Gayo itu.

"Melalui HUT ke 444 Kota Takengon tahun 2021, kita tingkatkan pelayanan prima serta pelestarian adat istiadat dan lingkungan hidup menuju masyarakat Aceh Tengah adil dan sejahtera," ujarnya.

Selain itu, Shabela Abubakar juga menyampaikan pertanggungjawaban adat selaku ulu rintah atau pemimpin daerah dalam upacara adat HUT ke 444 Kota Takengon.

Kata Shabela, pelaksanaan HUT Kota Takengon pada 2021 digelar secara sederhana, mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Maka beberapa rangkaian acara yang seharusnya dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Takengon, seperti tradisi Munetah Pangir dan Munirin Reje tidak dapat dilaksanakan," katanya.

Bupati menyebutkan bahwa pelaksanaan peringatan hari jadi Kota Takengon setiap tahunnya diperingati pada 17 Februari. Tahun ini, kata dia, Pemerintah Aceh Tengah telah memperingati HUT Kota Takengon sebanyak 11 kali.

 

KM
%d blogger menyukai ini: