Pemutakhiran Data se-Aceh Digelar di Redelong

Laporan : M.A Ghaitsa

Redelong - lingepost.com : Rapat Kerja (Raker) dan Seminar Pemutakhiran Data se-Aceh mulai digelar di Redelong, Bener Meriah, Selasa (10/5).

Raker dibuka oleh Plt Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh, di Aula Setdakab setempat dengan membacakan pidato Gubernur Aceh dihadapan peserta Raker.

Rusli menyampaikan bahwa Raker Pemutakhiran Data merupakan forum untuk mereview laporan keuangan pemerintah daerah serta pengendalian gratifikasi.

Menurutnya, forum tersebut juga merupakan bagian dari upaya mengembangkan mental aparatur sipil negara.

"Biasanya SKPD melihat tindak lanjut temuan hanyalah masalah uang. Terkadang temuan administrasi disepelekan, padahal hal ini sangat penting dan harus diperbaiki. Agar terwujud pemerintahan yang bersih, berwibawa, dan bebas KKN," kata Rusli M Saleh.

Disampaikannya bahwa kunci keberhasilan setiap SKPD terletak pada sejauh mana pimpinan di semua level menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang baik, transparan, dan akuntabel, demi terwujudnya kinerja SKPD yang baik.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Inspektorat Aceh, Abdul Karim, menyampaikan bahwa tugas inspektorat semakin komplit, tidak hanya melakukan pemeriksaan semata. Tetapi juga memberikan jaminan agar penyelenggaraan pemerintahan daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, inspektorat saat ini memainkan peran penting dalam melakukan upaya pencegahan terjadinya penyimpangan. Serta melakukan pengawalan, evaluasi, review, pendampingan, penilaian, serta konsultasi terhadap program-program strategis.

"Area-area yang berpotensi dan beresiko tinggi terjadinya penyimpangan harus menjadi fokus bagi inspektorat untuk melakukan pencegahan dan pengawalan," kata Abdul Karim.

Raker dan Seminar Pemutakhiran Data se-Aceh diikuti oleh seluruh inspektorat kabupaten/kota se-Provinsi Aceh dan akan berlangsung dari 9 s/d 12 Mei 2016.

%d blogger menyukai ini: