Pemkab Bener Meriah Peringati Maulid Nabi

Laporan : Kurnia Muhadi

REDELONG - lingepost.com : Pemerintah Kabupaten Bener Meriah peringati hari kelahiran Nabi besar Muhammad SWA, 1437 Hijriyah, di Masjid Agung Babussalam, Kamis (4/2).

Acara peringatan Maulid Nabi bertemakan “Melalui Peringatan Maulid Nabi Besar SWA, Kita Inplementasikan Sifat-sifat Rasulullah Dalam Kehidupan Sehari-hari" berlangsung penuh penuh hikmad. Hadir dalam kesempatan itu sekaligus memberikan ceramah dan hikmah maulid, Tgk. H. Muhammad Saleh Syamaun, S.Pdi yang merupakan manatan Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani dalam sambutannya menyampaikan, kita patut bersyukur pada hari yang berbahagia ini, kita dapat kembali menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad saw 1437 Hijriyah di Tahun 2016 ini. Peringatan ini setiap tahunnya kita selenggarakan sebagai ungkapan penghormatan dan kecintaan kita yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa risalah kebenaran bagi ummat manusia. Momentum ini juga hendaknya kita gunakan untuk melakukan muhasabah dan mawas diri, apakah kita sebagai umat nabi akhir zaman telah mengikuti ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari.

lebih lanjut dikatakan bupati, esensi dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan, dan tindakan Rasulullah. Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana. Itulah perilaku yang diwarnai oleh akhlak mulia yang mampu menebarkan rahmat bagi semesta alam.

"Kesungguhan kita dalam mengikuti titah Rasulullah SAW secara penuh dalam mengarungi perjuangan hidup ini, adalah kunci menuju kehidupan umat yang lebih maju dan bermartabat di masa yang akan datang. Pasti akan terjadi perubahan yang lebih baik, jika kita bersungguh-sungguh meneladani sifat Rasulullah SAW dalam seluruh sisi kehidupan kita sehari-hari, mengingat beliau merupakan Uswatun Hasanah atau suri tauladan terbaik bagi hidup kita."ujar Bupati Ruslan Abdul Gani.

Bupati juga mengajak kepada seluruh umat muslimin dan muslimat di Kabupaten Bener Meriah ini untuk menjadikan peringatan maulid ini sebagai titik tolak bagi kita untuk lebih memupuk rasa cinta dan kerinduan kita kepada beliau sekaligus mengenang riwayat hidup dan sifat-sifat terpuji Rasulullah SAW. "Beliau mempunyai perilaku dan akhlak yang sangat mulia terhadap sesama manusia, khususnya terhadap umatnya tanpa membedakan atau memandang seseorang dari status sosial, warna kulit, suku bangsa atau golongan, beliau juga selalu berbuat baik kepada siapa saja bahkan kepada orang jahat atau orang yang tidak baik kepadanya, oleh karena itu tidak mengherankan di dalam Al-Quran, beliau disebut sebagai manusia yang memiliki akhlak dan sifat-sifat yang sangat mulia."terang Bupati Bener Meriah itu.

Ruslan Abdul Gani mengajak masyarakat Bener Meriah untuk mengikuti empat sifat terpuji yang dimiliki Rasulullah SAW, yang hendaknya bisa dipelajari yaitu, Shidiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Shidiq artinya benar bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. sejalan dengan ucapannya. Amanah artinya benar-benar bisa dipercaya, jika satu urusan diserahkan kepada beliau, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW dijuluki oleh penduduk Mekkah dengan gelar “Al-Amin” yang artinya terpercaya. Fathanah artinya cerdas, nabi harus mampu menjelaskan firman-firman Allah kepada kaumnya sehingga mereka mau masuk ke dalam Islam, nabi juga harus mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara yang sebaik-baiknya, itu semua membutuhkan kecerdasan yang luar biasa. Tabligh artinya menyampaikan, segala firman Allah yang ditujukan oleh manusia, disampaikan oleh nabi, tidak ada yang disembunyikan meski itu menyinggung nabi sendiri.

"Pada hari yang berbahagia ini, kita juga melaksanakan kegiatan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) tingkat kabupaten, sebagai kegiatan BKMT perdana di Kabupaten Bener Meriah di Tahun 2016 ini. Keberadaan BKMT di Kabupaten Bener Meriah ini memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan semangat ukhuwah islamiyah, dan diharapkan juga dapat berperan sebagai guru komunikasi antara ustadz-ustadzah serta para pengelola majelis taklim untuk bertukar pikiran, bertukar pendapat, pandangan dan pengalaman dalam memecahkan berbagai persoalan umat Islam, karena majelis taklim memiliki peran strategis dalam membangun keimanan dan ketakwaan. 

%d blogger menyukai ini: