Pemkab Bener Meriah Gelar Workshop Bagi Anak Kebutuhan Khusus

Redelong - lingepost.com : Seperti yang diketahui Kabupaten Bener Meriah merupakan daerah yang rawan dengan bencana, apapun jenisnya baik itu bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial. untuk itu, perlu dibangun kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab semua pihak tentang pentingnya upaya pencegahan dan penanganan bencana termasuk untuk sekolah berkebutuhan khusus.

Adanya Madrasah Aman Bencana tentunya dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat, sekolah dan pemangku kepentingan dalam menghadapi risiko bencana serta meningkatkan partisipasi, dan membangun budaya gotong royong, dalam menghadapi ancaman bencana.

“Workshop Madrasah Aman Bencana di Kabupaten Bener Meriah merupakan tahap awal dari 10 kegiatan sebelum akhirnya bisa mendapatkan predikat Madrasah Aman Bencana”, hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Workshop Sekolah Madrasah Aman Bencana Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Drs. akmal, Selasa (12/09), di Aula Setdakab Bener Meriah.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Suarman MM, anak-anak berkebutuhan khusus merupakan kelompok paling rentan apabila ada bencana yang terjadi. beberapa dari mereka memiliki hambatan mobilitas untuk melakukan perlindungan bahkan penyelamatan diri secara mandiri.

“Maka dari itu diperlukan adanya informasi bagaimana prosedur atau rencana penyelamatan bagi anak berkebutuhan khusus yang memerlukan bantuan orang di sekitar mereka misalnya guru, teman, dan staf sekolah”, demikian ujar Drs. Suarman

Drs. Suarman juga berharap melalui workshop ini para siswa dan guru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk penanggulangan bencana di sekolah, kemudian tingkat kepercayaan orang tua murid terhadap sekolah meningkat. Selain itu, sekolah diharapkan memiliki peta evakuasi, jalur evakuasi, dan standar operasional prosedur (SOP) sebagai acuan sekolah dalam bertindak. (rel)

%d blogger menyukai ini: