Pemkab Bener Meriah Gelar Sosialisasi Kawasan Bebas Rokok

Redelong | lingePost - Masalah merokok saat ini masih menjadi masalah nasional yang perlu secara terus menerus diupayakan cara penanggulangannya, karena menyangkut berbagai aspek permasalahan dalam kehidupan, yaitu aspek ekonomi, sosial, politik, utamanya aspek kesehatan.

Atas dasar itulah Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah mengadakan Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Bener Meriah, Kamis, (02/05) bertempat di Aula Setdakab Bener Meriah. Acara ini dibuka oleh Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Mukhlis.

Menurut Mukhlis, kebiasaan merokok sudah meluas hampir di semua kelompok masyarakat dan cenderung meningkat, terutama di kalangan anak dan remaja. hal ini sangat beresiko menimbulkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat terjadi baik perokok itu sendiri maupun orang lain disekitarnya yang tidak merokok (perokok pasif).

”Memang merokok adalah pilihan bagi setiap orang. namun, meskipun sebuah pilihan, ada konsekuensi lain yang harus dilakukan, yakni menghormati orang lain agar tidak terkena dampak akibat asap rokok. dalam hal ini, negara sebagai pemilik otoritas kebijakan dan hukum, wajib memberikan perlindungan dan pemenuhan hak atas kesehatan dan lingkungan yang sehat, termasuk bebas dari asap rokok ini,” Demikian ujar Mukhlis.

Mukhlis juga mengharapkan dengan adanya sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) ini diharapkan ada kritik dan saran tentang pengembangan qanun yang mengatur tentang kawasan tanpa rokok ini terutama di fasilitas-fasilitas umum. pengawasan pelaksanaan kawasan tanpa rokok ini wajib dilaksanakan oleh setiap SKPK dan instansi lainnya di Kabupaten maupun di Kecamatan.

 

Rel

%d blogger menyukai ini: