Pemkab Aceh Tengah Galakkan Tanam Jagung untuk Kemandirian Pangan

Bupati Shabela Abubakar ikut tanam perdana jagung jenis hybrida di Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Selasa (21/7/2020)

Takengon | lingePost – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mulai menggalakkan penanaman jagung jenis hybrida untuk mendukung Gerakan Mandiri Pangan (Gampang) yang dicanangkan oleh Pemerintah Aceh.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan jagung adalah jenis tanaman yang potensial untuk dikembangkan di daerah itu sesuai rekomendasi program Gampang Aceh.

“Inti dari program Gerakan Mandiri Pangan atau disebut dengan Gampang ini adalah pengembangan tanaman padi dan jagung, ikan lele, sayur mayur, dan telur ayam,” kata Shabela Abubakar saat peluncuran program tanam jagung perdana di Kampung Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Selasa.

“Untuk Aceh Tengah sendiri yang cocok untuk dilaksanakan adalah pengembangan tanaman jagung dan sayur mayur,” tambahnya.

Bupati ini menuturkan Karang Ampar adalah salah satu desa rawan pangan di Aceh Tengah.

Karena itu dia berharap dengan pengembangan tanaman jagung jenis hybrida tersebut dapat mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat desa setempat.

Penanaman jagung di desa ini dilakukan di atas lahan seluas satu hektare. Sementara untuk target penanaman secara keseluruhan di Aceh Tengah kata Shabela adalah kurang lebih seluas 500 hektare.

“PPL (Dinas Pertanian) harus mengontrol dan aktif membimbing budidaya ini, jangan hanya pada saat penanaman saja,” kata Shabela Abubakar.

 

HM/Ant
%d blogger menyukai ini: