Nova Iriansyah Pimpin Rapat Finalisasi GAMIFest

Rapat Pengembangan Kawasan Dataran Tinggi Gayo sekaligus persiapan finalisasi kegiatan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) di Aula Setdakab Bener Meriah, Selasa.

Laporan : Hafiz M

Redelong - lingepost.com : Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memimpin Rapat Pengembangan Kawasan Dataran Tinggi Gayo sekaligus persiapan finalisasi kegiatan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) di Aula Setdakab Kabupaten Bener Meriah, Selasa 24 April 2018.

Dalam sambutannya, Nova Iriansyah, menekankan bahwa rapat finalisasi tersebut merupakan kegiatan penting dalam rangka menyukseskan even GAMIFets yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

"Perlu saya jelaskan bahwa rapat hari ini sangat serius," kata Nova Iriansyah.

Nova menjelaskan bahwa persiapan GAMIFets sebagai even bertaraf internasional tersebut sudah dilakukan sebanyak lima kali.

Dia berharap pertemuan kali ini dapat merumuskan persiapan final bagi penyelanggaraan GAMIFets yang akan digelar di empat kabupaten serumpun yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara.

"Mudah-mudahan rapat yang kita lakukan hari ini benar-benar finalisasi dari kegiatan GAMIFest yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini," tutur Nova Iriansyah.

Dia menambahkan dengan penyelenggaraan GAMIFest nantinya sangat diharapkan akan membawa dampak positif bagi pengembangan sektor ekonomi masyarakat di Aceh, khususnya di empat kabupaten penyelenggara.

"Baik itu dari segi ekonomi dan dari segi kawasan lainnya," ujar Nova.

Rapat tersebut turut dihadiri oleh bupati atau perwakilan dari masing-masing kabupaten penyelenggara yaitu Bupati Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah.

Selain itu juga hadir Asisten Deputi Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kawasan (Kemenko PMK RI), Wakil Ketua III DPR Aceh, Anggota DPR Aceh Dapil Aceh Tengah/Bener Meriah, Asisten II Setda Aceh, serta sejumlah pejabat SKPA dan unsur SKPD empat kabupaten penyelenggara.

Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi, selaku tuan rumah penyelengaraan rapat tersebut menyampaikan hendaknya pada pertemuan itu juga sudah menghasilkan kesimpulan final, khususnya terkait persiapan penyambutan Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan GAMIFest.

GAMIFest direncanakan akan berlangsung selama tiga bulan penuh dengan adanya penyelenggaraan berbagai even budaya di empat kabupaten serumpun di Dataran Tinggi Gayo tersebut.

Seperti salah satunya adalah penyelenggaraan tari saman massal dengan 15 ribu penari di Kabupaten Gayo lues, untuk memecahkan rekor jumlah penari terbanyak.

Sejumlah perwakilan negara juga akan dilibatkan dalam pementasan tari saman massal tersebut. Tari saman sendiri telah diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda dunia.

%d blogger menyukai ini: