Ngopi di Kebun Kopi, di Tanah Surga Kopi Dunia

Lokasi Seladang Coffee yang berada di tengah kebun kopi arabica gayo

Reporter : Kurnia Muhadi

Redelong - lingepost.com : Menikmati cita rasa kopi terbaik dunia langsung di kebunnya; adalah daya tarik tersendiri kedai kopi yang satu ini.

Ngopi di kebun kopi; di tengah ratusan batang kopi arabica gayo; ditambah rindangnya pepohonan lamtoro yang menjadi peneduh suasana, sungguh akan memberikan pengalaman berbeda bagi siapa saja yang datang ke tempat ini; demi satu cara menikmati secangkir kopi penuh sensasi.

Udara sejuk nan segar yang berhembus dari alam pegunungan Dataran Tinggi Gayo; dapat pula menambah kenikmatan; dari setiap tegukan kopi panas yang dihidangkan.

Suasana minum kopi seperti ini, bisa anda temui di Seladang Coffee. Kedai kopi yang satu ini benar-benar berada di tengah areal perkebunan kopi rakyat, di kawasan Kampung Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah.

Lokasi Seladang Coffee
Lokasi Seladang Coffee

Lokasinya sangat mudah dijangkau, karena berada tepat di tepi ruas jalan Takengon-Bireuen, pada kilometer 86; yang setiap saat ramai dilalui para pengendara.

Seladang Coffee memang sangat mewakili keutamaan Dataran Tinggi Gayo yang telah dikenal dunia sebagai Negeri Lumbung Kopi.

Pemilik coffee shop ini, Sadikin alias Gembel, dengan lihai meramu konsep wisata kebun kopi untuk menjadi ciri khas tersendiri; kedai kopi miliknya itu.

Owner Seladang Coffee Sadikin Gembel dan Istri
Owner Seladang Coffee Sadikin Gembel dan Istri

Ada perpaduan antara tradisi dan budaya masyarakat Gayo yang begitu bersahabat dengan kopi. Mulai dari tata cara merawat, memanen, mengolah, hingga menyajikan secangkir kopi berkualitas dunia; dapat anda saksikan sendiri di tempat ini.

Seladang Coffee benar-benar menawarkan suasana berbeda bagi anda para penikmat kopi. Tempat ini bahkan telah menjadi ikon agrowisata kebun kopi di daerahnya.

Sang pemilik, Gembel, sejak awal memang berusaha mengusung konsep alam yang memamerkan kelestarian lingkungan; serta berusaha menonjolkan satu sisi tentang tradisi masyarakat Gayo yang begitu bersahabat dengan kopi; satu tradisi yang dari dulu hingga kini menopang sendi-sendi kehidupan masyarakat Gayo.

Itulah mengapa Dataran Tinggi Gayo dijuluki sebagai Surga Kopi Dunia. Daerah ini tak hanya menumbuhkan batang-batang penghasil biji kopi terbaik, namun juga menyimpan tradisi dan budaya tentang kopi itu sendiri.

Sadikin Gembel memperlihatkan proses penjemuran biji kopi hasil panen kepada pengunjung dari mancanegara di Seladang Coffee
Sadikin Gembel memperlihatkan proses penjemuran biji kopi hasil panen kepada pengunjung dari mancanegara di Seladang Coffee

Jika anda adalah pecinta alam; maka Seladang Coffee adalah tempat yang "wajib" anda kunjungi. Karena selain dipenuhi batang-batang kopi arabica gayo, tempat ini juga menawarkan pemandangan menarik lainnya yang tetap mengusung konsep persahabatan dengan alam.

Di tempat ini anda dapat menjumpai kolam ikan, ternak ayam diantara kebun kopi, juga ada lebah madu ternak dengan kandang buatan yang bergantungan di ranting pohon kopi. Ada pula aliran sungai kecil yang mengalir dari sumber mata air pengunungan.

Santai sejenak dengan cara bermain ayunan yang diikatkan pada cabang pepohonan rindang; diatas aliran sungai kecil, juga bisa anda lakukan di tempat ini. Suara gemericik air yang mengalir, akan menjadi nada anugerah keindahan alam, untuk menemani waktu santai anda di tempat ini.

Bersantai di lokasi Seladang Coffee
Bersantai di lokasi Seladang Coffee

Sang Pemilik, Gembel, memang dikenal sebagai seorang pecinta alam. Dia adalah aktivis senior Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di wilayah Gayo.

Tak heran, pria berambut gondrong ini sangat mengutamakan satu konsep yang mengusung kelestarian lingkungan dan persahabatan dengan alam, walau saat ini ia sedang berkecimpung di ranah bisnis yang memerlukan konsep-konsep strategis.

Untuk memanjakan pengunjungnya, Sadikin Gembel, juga membangun gubuk-gubuk kecil dari bahan bambu beratapkan rumbia, yang ditempatkan  diantara batang-bantang kopi. Konsepnya adalah bangunan rumah panggung, agar pengunjung lebih merasa nyaman saat bersantai sambil ngopi.

Lokasi Seladang Coffee
Lokasi Seladang Coffee

Setiap harinya, Seladang Coffee selalu ramai dikunjungi. Para penikmat kopi bahkan datang dari luar daerah dan turis-turis mancanegara yang tertarik merasakan sensasi ngopi di kebun kopi.

Pengunjung dapat memilih berbagai menu olahan kopi untuk dinikmati. Setiap kopi yang tersaji merupakan racikan dari biji-biji kopi pilihan; yang telah melalui proses pengolahan terbaik, untuk menghasilkan sebuah kualitas dan cita rasa kopi terbaik.

Biji-biji kopi langsung dipetik dari batang-batang kopi yang ada di sekeliling Seladang Coffee. Semuanya tampak alami. Ngopi di kebun kopi. Merasakan sensi berada di tanah Surga Kopi Dunia.

%d blogger menyukai ini: