Latber pacuan kuda dongkrak capaian vaksinasi COVID-19 di Aceh Tengah

Pengunjung menyaksikan Latber Pacuan Kuda di tribun utama Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Aceh Tengah, Sabtu (26/2/2022).

Takengon | lingePost - Even Latihan Bersama (Latber) Pacuan Kuda Tradisional Gayo di Kabupaten Aceh Tengah ikut berkontribusi mendongkrak capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Sekda Aceh Tengah Subhandhy mengatakan ada sebanyak 1.265 pengunjung yang mengikuti vaksinasi di arena pacuan kuda tersebut dari enam gerai vaksin yang disediakan oleh panitia kegiatan selama sepekan.

"Sesuai dengan data yang dihimpun dari enam gerai vaksin dan data Dinkes di lapangan per hari Sabtu 27 Februari 2022, jumlah masyarakat yang divaksin sebanyak 1.265 dosis. Masing-masing dosis satu sebanyak 376 orang, dosis dua sebanyak 723 orang, dan dosis tiga sebanyak 166 orang," sebut Subhandhy, Senin (28/2/2022).

Menurutnya hingga saat ini capaian vaksinasi secara keseluruhan di daerah itu sudah mencapai angka 84,70 persen.

"Ini artinya kegiatan vaksin sambil menonton pacuan kuda kemarin, signifikan mendongkrak angka vaksinasi di daerah kita," ujarnya.

Latber Pacuan Kuda Tradisional Gayo diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-445 Kota Takengon tahun ini.

Pelaksanaannya telah berlangsung sejak 21-27 Februari 2022 di arena pacuan Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Kabupaten Aceh Tengah.

Selain menyediakan gerai vaksin, panitia kegiatan juga telah membagikan sebanyak 5.000 masker kepada pengunjung sejak hari pertama pelaksanaannya.

Ketua Pordasi Aceh Tengah Zuhaidi selaku pihak penyelenggara mengatakan disiplin protokol kesehatan COVID-19 tetap menjadi hal utama dalam penyelenggaraan even budaya tersebut.

Menurutnya pemandu acara di tribun utama dengan menggunakan pengeras suara juga terus mengkampanyekan dan mengingatkan pengunjung untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mengikuti vaksinasi di gerai-gerai vaksin yang telah disediakan.

 

Ant