Kunjungan wisatawan ke Aceh Tengah meningkat 80 persen

Pengunjung ramai mendatangi lokasi wisata Camping Ground di kawasan wisata Danau Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah.

Takengon | lingePost - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah Jumadil Enka mengatakan kunjungan wisatawan ke daerah itu meningkat hingga 80 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

"Peningkatan kunjungan paling pesat mungkin sejak daerah kita diberlakukan PPKM Level 1 pada September 2021. Sejak itu rata-rata hunian hotel dan homestay di sini kalau libur akhir pekan itu terisi 80 persen, bahkan sebagian hotel full," kata Jumadil Enka, Senin (28/2/2022).

Menurutnya dalam dua tahun terakhir di masa pandemi COVID-19, pariwisata di daerah itu bahkan menunjukkan kemajuan yang menggembirakan.

Hal itu ditandai dengan pesatnya pertumbuhan hotel dan homestay di daerah itu, juga destinasi wisata baru seperti cafe di seputaran kawasan Danau Lut Tawar.

Bahkan ada tiga hotel berbintang yang diresmikan oleh Bupati Aceh Tengah di masa pandemi COVID-19.

"Sekarang kebanyakan agenda rapat kerja dari Pemerintah Aceh, OPD, maupun swasta juga kebanyakan di Aceh Tengah. Acara-acara seperti family gathering juga sering di sini," tutur Jumadil.

"Wisata kita memang sangat didukung oleh faktor iklim yang sejuk, udara bersih, jadi orang nyaman beraktifitas," ujarnya.

Jumadil menuturkan peningkatan kunjungan wisata ke daerah itu sangat membantu dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah akibat dampak pandemi COVID-19.

Ekonomi masyarakat kata dia juga terus membaik dengan adanya tren positif ini, khususnya bagi para pelaku usaha di sektor wisata dan masyarakat sekitarnya.

"Kita terus berbenah, kita harapkan sektor wisata kita terus berkembang dengan baik. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik kepada pengunjung, juga pelaku usaha, karena pandemi belum berakhir," kata Jumadil.

 

 

Ant