Konter Zakat Dibangun di Bener Meriah

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) XI Baitul Mal Kabupaten Bener Meriah yang berlangsung di Masjid Agung Babussalam, Simpang Tiga Redelong, Selasa (29/3).

Laporan : Kurnia Muhadi

REDELONG – lingepost.com : Plt Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh, menyatakan dukungannya atas program pembangunan konter zakat oleh Baitul Mal setempat guna lebih memudahkan masyarakat untuk penyaluran zakat.

Hal itu disampai Rusli saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) XI Baitul Mal Kabupaten Bener Meriah yang berlangsung di Masjid Agung Babussalam, Simpang Tiga Redelong, Selasa (29/3).

Rusli juga menyarankan agar rapat kerja Baitul Mal tidak hanya diselenggarakan di tingkat kabupaten, tapi juga dilaksanakan di setiap kampung. Menurutnya Baitul Mal juga bisa memotivasi masyarakat untuk berlomba-lomba menyalurkan zakat dengan cara memberikan reward kepada penyetor zakat terbaik.

“Saya berharap dengan adanya konter zakat tersebut kaum muslimin dapat mudah dalam menyalurkan zakatnya.  Saya juga meminta agar konter-konter serupa juga di taruh di setiap kecamatan dalam Kabupaten Bener Meriah ini,” kata Rusli M Saleh.

Ketua Baitul Mal Bener Meriah, Drs Ramin T, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa konter zakat yang dibangun oleh Baitul Mal merupakan hasil dari studi banding pihaknya pada tahun lalu ke Negara Malaysia.

Saat ini, kata Ramin, konter zakat telah dibangun  di Kecamatan Lampahan dan Bandar di Kabupaten Bener Meriah.

“Dari kedua konter ini hasil pengumpulan zakat mencapai 1 miliayar lebih. Tahun 2016 berdasarkan hasil musyawaraah dengan dewan pengawas, Baitul Mal Bener Meriah akan kembali membuka satu lagi konter zakat di Kecamatan Permata,” ujarnya.

Dia menambahkan perolehan zakat di Kabupaten Bener Meriah secara keseluruhan pada tahun 2015 adalah  Rp 9,2 miliyar.

“Semua ini adalah hasil kerjasama yang baik antara Pemda, dinas-dinas, dan imam kampung sebagai Baitul Mal kampung se-kabupaten Bener Meriah. Semoga dengan zakat yang kita berikan dapat membantu fakir dan miskin, ini sesuai dengan visi dan misi bupati untuk membagun Bener Meriah menjadi kabupaten yang madani,” sebut Ramin.

Lanjutnya,  Baitul Mal juga memiliki program unggulan setiap tahunnya dari penggunaan dana zakat yang disalurkan masyarakat.  Pada tahun 2015, kata Ramin, pihaknya telah merehab sebanyak 30 unit rumah fakir miskin di daerah tersebut.

“Tahun ini kita tingkatkan menjadi 40 unit rehab rumah fakir dan miskin Se-Kabupaten Bener Meriah,” ujarnya.

Ramin menjelaskan bahwa  program unggulan dana zakat pada tahun 2015 juga telah digunakan untuk menyantuni 70 orang fakir dan jompo yang setiap bulannya menerima bantuan Rp 400 ribu.

“Tahun ini kita tingktakan menjadi 100 orang, Insya Allah setiap bulannya Baitul Mal sudah mengurangi beban saudara kita yang fakir dan jompo di Bener Meriah ini. Begitu pula kepada orang sakit menahun, SDLB, fakir miskin, siswa, santri kurang mampu, ini juga menjadi program unggulan Baitul Mal,,” kata Ramin.

%d blogger menyukai ini: