Kodim 0106 dan KNPI Aceh Tengah Salurkan Bantuan Satu Juta Jamban Sehat

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Kodim 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah gandeng KNPI dan FKPPI Aceh Tengah untuk program Satu Juta Jamban Sehat yang disalurkan bertahap guna membantu masyarakat di wilayah pedesaan di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Dandim Letkol Arm Ferry Ismail mengatakan pihaknya menargetkan penyaluran 5 ribu jamban sehat di masing-masing kabupaten tersebut. Dengan turut menggandeng organisasi kepemudaan, kata Ferry Ismail, akan mempercepat terlaksananya program dan dapat membantu masyarakat secara langsung. 

"Sudah 300 jamban diserahkan kepada masyarakat," kata Letkol Arm Ferry Ismail, saat melakukan penyaluran bahan material untuk pembangunan jamban sehat di Kampung Pantan Dedamar, Kecamatan Atu Lintang, Senin 14 Desember 2015.

Ferry Ismail menyerahkan bantuan untuk pembangunan 30 unit jamban sehat di kampung tersebut. Menurutnya, penyerahan bantuan bukan hanya dilakukan secara simbolis, tapi TNI dan pemuda juga ikut bergotong royong membantu masyarakat dalam pembangunannya.

Camat Atu Lintang, Junaidi, mengatakan bahwa di Kampung Pantan Damar saat ini sudah ada 140 rumah penduduk yang memiliki jamban dengan kriteria jamban sehat.

Sementara, untuk keseluruhan rumah penduduk di Kecamatan Atu Lintang, sebut Junaidi, masih terdapat 1.300-an rumah yang belum memiliki jamban sehat.

"Padahal urusan jamban ini penting untuk kesehatan, karena adanya pola pikir yang masih kurang, terkadang untuk urusan 'Hajat' dilakukan dengan alernatif lain," kata Junaidi.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Tengah, Erwin ST MSi, yang diwakili oleh, Agustino, menyampaikan bahwa KNPI sangat mendukung program jamban sehat tersebut untuk ikut terlibat langsung bersama TNI.

"Program ini sangat bersentuhan dengan pemuda, karena kesehatan akan melahirkan generasi yang sehat. Jangan melihat jambannya, tapi kepentingannya," kata Agustino yang datang didampingi sejumlah pengurus KNPI Aceh Tengah.

%d blogger menyukai ini: