KIP Aceh Tengah gelar Simulasi Pungut Hitung Suara di TPS Pakai Aplikasi Sirekap

Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan ikut berpartisipasi dalam simulasi pungut hitung suara bersama KIP Aceh Tengah, Minggu (24/12/2023).

Takengon | lingePost - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Ballroom Hotel Parkside Gayo Petro Takengon, Minggu 24 Desember 2023.

Ketua KIP Aceh Tengah Sertalia mengatakan proses hitung suara Pemilu 2024 akan sedikit berbeda karena akan mempergunakan teknologi alat bantu untuk mempermudah proses hitung suara yaitu menggunakan aplikasi Sirekap

"Aplikasi Sirekap ini merupakan alat bantu bagi KPPS untuk menghitung suara pada hari pemungutan nanti. Dengan alat ini indikasi kecurangan di TPS dapat lebih diminimalisir," kata Sertalia.

Sementara Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Aceh Tengah Mukhlis mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengetahui gambaran riil kondisi di lapangan atau pada hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Menurutnya kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyamakan persepsi antara penyelenggara dan peserta Pemilu terkait proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS nantinya.

"Pada kegiatan simulasi ini kami membuat TPS riil seperti pada hari pemungutan suara," kata Mukhlis.

 

Ay