KIP Aceh Tengah gelar Bimtek Penghitungan dan Rekapitulasi Pemungutan Suara

Kegiatan Bimtek Penghitungan dan Rekapitulasi Pemungutan Suara KIP Aceh Tengah di Aula Hotel Bayu Hill Takengon, Rabu (20/12/2023).

Takengon | lingePost - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan Penghitungan dan Rekapitulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024 kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Aceh Tengah di Aula Hotel Grand Bayu Hill Takengon, Rabu 20 Desember 2023.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mukhlis, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan pemahaman dan persepsi terkait kegiatan pemungutan penghitungan dan rekapitulasi suara pada Pemilu 2024 kepada penyelenggara Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa yaitu PPS.

"Kegiatan ini dilaksanakan guna menyamakan persepsi terkait giat pungut hitung suara kepada PPS yang nantinya mereka juga akan melakukan Bimtek kepada KPPS di desanya masing-masing," kata Mukhlis.

Selanjutnya, Mukhlis mengatakan jika bimbingan teknis ini sangat penting dilakukan karena kegiatan pungut hitung merupakan tahapan paling krusial dalam pelaksanaan demokrasi elektoral pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Selain bimbingan teknis, pada kegiatan ini juga dilakukan simulasi penghitungan dan pengisian Form Hasil dengan cara memberikan contoh kasus kepada PPS, agar mereka paham cara pengisian formulir tersebut," sebut Mukhlis.

Kemudian, ia menyebutkan kegiatan ini akan dilaksanakan dalam tiga gelombang dan akan diikuti oleh PPS dari seluruh Desa dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

"Untuk gelombang pertama kita laksanakan hari ini di Hotel Grand Bayu Hill, untuk gelombang kedua dan ketiga kita akan laksanakan di Hotel Parkside pada tanggal 21 dan 22 Desember," kata Mukhlis.

Sementara itu, Sekretaris KIP Aceh Tengah, Muhammad Sofyan mengatakan bahwa Sekretariat KIP Aceh Tengah akan selalu mendukung dan memfasilitasi setiap tahapan Pemilu di Aceh Tengah agar terus berjalan lancar.

"Kami selalu mendukung dan memfasilitasi setiap tahapan yang dilaksanakan, agar Pemilu di Aceh Tengah berjalan sukses dan lancar," kata Sofyan.

Bimtek yang dilaksanakan hari ini diikuti oleh PPS dari tiga Kecamatan yaitu, Kebayakan, Kute Panang, dan Celala. Kemudian pada keesokan harinya, akan diikuti oleh PPS dari Kecamatan Bebesen, Bies, Rusip Antara, Lut Tawar, Pegasing dan Jagong Jeget. Dan pada hari Jumat diikuti oleh Kecamatan Bintang, Linge, Ketol, Silih Nara, dan Atu Lintang.

Dalam kesempatan ini, hadir Komisioner KIP Aceh Tengah lainnya, yaitu, Marwansyah, Sunardi dan Iwan Bahagia didampingi Sekretaris, Muhammad Sofyan bersama Kasubbag Teknis dan Parmas, Zainal Arifin beserta Staf pada Sekretariat KIP Aceh Tengah.

Selain PPS, giat ini juga diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mendampingi PPS dalam wilayah kecamatannya masing-masing.

 

Rel