KIP Aceh Cetak 3,5 Juta Lembar Surat Suara untuk Pilkada 2017

Ilustrasi

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh saat ini sedang mencetak surat suara yang akan digunakan pemilih Aceh pada pilkada gubernur Aceh, 15 Februari 2017 mendatang. Jumlah surat suara yang dicetak KIP Aceh tersebut, tak kurang dari 3,5 juta atau tepatnya sebanyak 3.521.020 lembar.

Jumlah tersebut merupakan total daftar pemlih tetap (DPT) Pilkada Aceh sebanyak 3.431.582, ditambah surat suara cadangan sebesar 2,5 persen untuk seluruh tempat pemungutan suara (TPS) seluruh Aceh.

“Saat ini memang sedang cetak surat suara di Bekasi, Jawa Barat, ini saya lagi berada di pabriknya. Total surat suara yang kita cetak sebanyak 3.521.020 lembar, itu sejumlah DPT yang telah kita tetapkan, kemudian ditambah 2,5 persen per TPS untuk seluruh Aceh,” kata Wakil Ketua KIP Aceh, Basri M Sabi yang dihubungi Serambi dari Banda Aceh, Senin (16/1).

Basri mengatakan, surat suara yang telah dicetak di Bekasi tersebut akan segera didistribusi ke kabupaten/kota di Aceh. Ia menyebutkan, surat suara tersebut dibawa pulang dari Bekasi ke Aceh lewat jalur darat dan diprediksi akan tiba di Aceh pada tanggal 23 Januari mendatang. “Dibawa pulang dengan mobil box PT Pos, tanggal 23 Januari Insya Allah sudah masuk, pengamanannya langsung orang Polda Aceh,” sebut Basri.

Sementara logistik lainnya seperti bilik suara, akan dikirim belakangan. Bilik suara dan keperluan lainnya kata Basri, juga sedang dipacu persiapannya saat ini. Ia barharap, proses pendistribusian surat suara dan logistik pilkada itu berjalan lancar. “Semoga tidak ada halangan apapun dan tiba di Aceh dengan selamat,” pungkas Basri M Sabi.

Sementara itu, KIP Bireuen mencetak sebanyak 306.186 lembar surat suara untuk Pilkada 15 Februari mendatang. Pencetakan dilakukan Rabu (18/1) di salah satu percetakan di Medan, Sumatera Utara.

Komisionir KIP Bireuen, Saiful Hadi kepada Serambi Senin (16/1) mengatakan, jumlah pemilih yang ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 298.718 orang, kemudian ditambah 2,5 persen lagi sebagai persiapan dan antisipasi sehingga jumlah kertas suara yang dicetak sebanyak 306.186 lembar.

“Hingga saat ini, tahapan pilkada berjalan sebagaimana mestinya menurut tahapan masing-masing kegiatan,” kata Saiful Hadi yang didampingi anggota KIP Bireuen lainnya.

Terpisah, Ketua KIP Aceh Timur, Iskandar A Gani mengatakan telah mencetak 285.536 lembar surat suara. Jumlah ini, jelas Iskandar, sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Aceh Timur yakni 278.203 surat suara, ditambah 2,5 persen cadangan. “Surat suara untuk kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Timur sudah kita cetak pada Minggu (15/1) di Medan. Sedangkan untuk hologram dan segel dicetak di Jakarta,” kata Iskandar dalam siaran pers yang diterima Serambi Senin (16/1).

Proses percetakan surat suara di Medan ini, jelas Iskandar, juga diawasi oleh pihak KIP, Panwaslih, dan Polres Aceh Timur. Iskandar mengatakan proses percetakan ini dipercepat sehingga surat suara tersebut segera dibawa ke KIP Aceh Timur. “Ditargetkan surat suara ini sudah sampai di KIP Aceh Timur pada 20 Januari 2017 sesuai dengan aturan bahwa surat suara harus siap 14 hari sebelum pemungutan suara,” jelas Iskandar. | aceh.tribunnews.com

 

%d blogger menyukai ini: