Ketika Kadis Dukcapil Se-Aceh Ngopi Bareng di Kantor Disdukcapil Aceh Tengah

Para Kadis Dukcapil Kabupaten dan Kota se Aceh Ngopi Bareng di kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah.

Takengon | lingePost - Ada suasana yang tidak biasa pada Kamis (21/10/2021) pagi di Kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah, deretan meja dan kursi berbalut kain berjejer sepanjang halaman depan kantor. Terlihat juga satu meja yang penuh dengan peralatan seduh kopi lengkap dengan baristanya.

Kantor Dinas Dukcapil hari itu dikunjungi oleh para Kadis Dukcapil Kabupaten dan Kota se-Aceh untuk melihat perkembangan kondisi pelayanan administrasi kependudukan yang sudah dilakukan, mulai dari sarana dan prasarana hingga sistem layanan.

"Kami saling berbagi, ada yang ingin mereplikasi apa yang sudah kami lakukan dan tidak sedikit kami juga menerima masukan," ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal disela kunjungan pagi itu.

Pertemuan penuh keakraban semakin hangat dengan suguhan Kopi Arabika Gayo yang disajikan dengan penganan lokal seperti lepat dan gutel. Para Kadis pun terlihat sangat menikmati suasana.

"Kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah ini kalau dilihat dari luar tampak seperti biasa saja, tapi kalau sudah masuk ke dalam baru terlihat pemanfaatan ruang yang sesuai standar pelayanan," ungkap Kadis Dukcapil Aceh Barat Saijal Wahbi yang baru pertama sekali singgah ke kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah.

Lain halnya dengan Kadis Dukcapil Gayo Lues, Hasanuddin yang sebelumnya juga pernah berkunjung." Dulu waktu pertama saya kemari belum seperti ini, tapi sekarang tampak banyak perbedaan, tampak penataannya lebih apik dan nyaman bagi masyarakat," katanya.

Kunjungan para Kadis Dukcapil se-Aceh ke Kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Registrasi Aceh di Takengon, 20-21 Oktober 2021.

Kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah menjadi lokus kunjungan karena dinilai telah memiliki standar pelayanan memadai ditunjukkan dengan predikat Sangat Baik (A-) atas evaluasi pelayanan publik tahun 2020 yang dilakukan oleh Kemenpan RB.

 

Rel