Kemiskinan di Angka 17 Persen Dari Jumlah Penduduk Aceh Tengah

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase kemiskinan di Aceh Tengah saat ini berada diangka 17 persen dari jumlah penduduk.

Pemerintah Aceh Tengah dalam hal ini harus merumuskan beberapa poin rekomendasi untuk mengentaskan kemiskinan.

Kepala Bappeda Aceh Tengah, Yahya Kobat, mengatakan rekomendasi telah dirumuskan dalam sebuah pertemuan bersama SKPK terkait, BPS, dan unsur perbankan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, pada Selasa 22 Desember 2015.

Berdasarkan hal itu, sebut Yahya, rekomendasi akan mulai dijalankan dengan penggunaan anggaran yang harus lebih fokus pada penurunan tingkat kemiskinan, di setiap SKPK.

"Kelompok tani yang berada dibawah binaan SKPK terkait, harus diupayakan untuk mendapat akses pendanaan dari berbagai sumber, seperti dari BUMN dan perbankan," kata Yahya dalam siaran pers, Jumat 25 Desember 2015.

"Perbankan juga diharapkan membuat kebijakan yang sejalan dengan upaya pengentasan kemiskinan, sehingga tidak hanya menjalankan bisnis tapi juga harus ada misi sosial," ujar Yahya.

Lanjutnya, peran BPS dalam melaksanakan sensus ekonomi juga masuk dalam poin rekomendasi. Menurutnya, sensus harus objektif dan mampu menunjukkan setiap warga miskin dengan prinsip by name by address.

"Sehingga data tersebut nantinya berguna untuk mengarahkan kebijakan pengentasan kemiskinan tepat sasaran," kata Yahya.

%d blogger menyukai ini: