Ini capaian vaksinasi COVID-19 di Aceh Tengah

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah dr Yunasri M.Kes

Takengon | lingePost - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Tengah dr Yunasri mengatakan pelaksanaan vaksinasi di daerah itu hingga saat ini sudah berjalan cukup baik.

Menurutnya untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama secara keseluruhan sudah mencapai angka 83 persen, dosis kedua 56 persen, dan vaksinasi Lansia baik dosis pertama dan kedua sudah mencapai 75 persen.

"Sudah cukup bagus, untuk anak remaja usia 12-17 tahun juga sudah mencapai 75 persen," kata Yunasri, Rabu.

Menurutnya untuk saat ini pihaknya juga baru memulai program vaksinasi lanjutan untuk dosis ketiga atau booster dan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Dia mengatakan ini adalah tantangan selanjutnya yang harus dihadapi untuk menyukseskan program vaksinasi di daerah itu dengan sasaran target anak usia 6-11 tahun mencapai jumlah 24.432 anak.

"Tantangan ke depan ini adalah untuk anak usia 6-11 tahun, ini kita juga perlu percepat pelaksanaan vaksinasinya, saat ini masih 26 persen," sebutnya.

"Masih perlu terus digenjot, perlu edukasi, penyuluhan, memberikan kesadaran-kesadaran kepada seluruh masyarakat khususnya kepada wali murid agar segera melaksanakan vaksinasi kepada anaknya yang umur 6-11 tahun," tutur Yunasri.

Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga atau booster kata dia memang baru saja dimulai pelaksanaannya dengan lebih dahulu memprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik di daerah itu.

"Untuk booster masih di bawah 10 persen, sekerang baru mulai digerakkan," kata Yunasri.

 

Ant