Gayo Lues Jajaki Investasi Sere Wangi dengan Investor India

Bupati Gayo Lues Muhammad Amru dengan pihak terkait membahas peluang investasi sektor agribisnis Gayo Lues dalam sebuah pertemuan di Jakarta.
Amru mengatakan selain sere wangi sebagai potensi utama pertanian di sana, juga masih banyak peluang investasi lainnya yang dapat menarik para investor menanamkan modalnya di daerah itu.
Reporter : Kurnia Muhadi

Jakarta (lingePost) - Bupati Gayo Lues Muhammad Amru menggelar pertemuan dengan peserta rapat penerimaan kunjungan investor India yang tergabung dalam Mahindra Group beberapa waktu lalu di Jakarta difasilitasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), guna membahas peluang para investor masuk ke Gayo Lues.

Menurut Amru daerahnya memiliki potensi besar di sektor agribisnis seperti tanaman sere wangi yang berpeluang menyasar pasar ekspor.

"Saya dengar dari Anggota Tim Task Force Percepatan Pembangunan Gayo Lues, dari sebelas sektor investasi Mahindra Group, ada yang bisa diinvestasikan ke Gayo Lues. Khususnya sektor agribisnis," tutur Muhammad Amru, Rabu 6 Februari 2019.

Amru mengatakan selain sere wangi sebagai potensi utama pertanian di sana, juga masih banyak peluang investasi lainnya yang dapat menarik para investor menanamkan modalnya di daerah itu.

"Potensi utama kita memang sere wangi, baru kopi dan terpentin. Dari 34.000 hektar perkebunan sere wangi di Aceh, 17.000 hektar ada di Gayo Lues," sebut Amru.

Amru meyakinkan bahwa kontinuitas produksi sere wangi di daerahnya juga bisa dijaga.

"Dalam sebulan, Gayo Lues menghasilkan 180-200 ton minyak sere wangi. Kualitasnya juga terbaik nasional," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut diantaranya dihadiri langsung seorang investor asal India Ishwar R Jethnani, peserta rapat penerimaan kunjungan Mahindra Group M Yunus (KADIN), Chairum Rahmi (Kesatuan Masyarakat Madani Inonesia), dan Yusradi Usman al-Gayoni (Anggota Tim Pengembangan Kawasan Gayo-Alas dan GAMIFest Kemenko PMK).

Ishwar R Jethnani juga menyampaikan bahwa India memang meminati sere wangi.

"Pemkab Gayo Lues mesti segera menyiapkan kebutuhan dan data investasi. Terutama sere wangi tadi," kata Ishwar.

Lanjutnya agar terjalin kerjasama, perlu untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi para investor yang akan menanamkan modalnya, selain adanya jaminan keamanan.

%d blogger menyukai ini: