Eksistensi Peran Ulama Dalam Pembangunan Daerah Tahun 2018

Redelong (Linge Post) - Pelaksanatugas Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka eksistensi peran ulama dalam pembangunan daerah Tahun 2018 di Aula Sekdakab setempat, Senin (30-7-2018)

Acara yang digelar oleh Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh tersebut mengambil tema “Membangun Karakter Pemimpin Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman”
Kepala Sekretaris MPU Aceh Dr. Syukri Bin M. Yusuf, MA dalam laporannya menyampaikan, kegiatan eksistensi peran ulama dalam pembangunan daerah bertujuan untuk meningkatkan peran ulama dalam pembangunan daerah, untuk meningkatkan peran ulama umara dalam melindungi akidah umat.

“Adapun hal yang ingin diharapkan dalam kegiatan ini, bertambahnya masyarakat Aceh yang memahami peran ulama dalam pembangunan, meningkatkan koordinasi ulama dan umara dalam kehidupan bernegara dan penegakan hukum syariat untuk kemashalatan umat, terjalinnya hubungan yang harmonis antara umara dan ulama.”terang Syukri.

Lebih jauh dikatakannya, untuk kegiatan itu narasumber berasal dari anggota MPU Aceh dan Plt Bupati Bener Meriah. Terkait peserta terang Kepala Sekretaris MPU Aceh itu sebanyak 85 orang yang yterdiri dari para ulama, para umara, tokoh masyarakat dan cendikiawan, dan pejabat pemerintah. “Adapun bentuk kegiatan, antara lain ceramah, diskusi (Tanya jawab).”kata Dr. Syukri Bin M. Yusuf, MA.

Sementara itu Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Bener Meriah bukanlah tanah yang asing bagi dakwah, Bener Meriah bukanlah tanah yang kering dari dakwah. “Sebenarnya di Bener Meriah ini ruang bagi kalangan santri terlibat dalam pembangunan terbuka cukup luas. Di DPRK ada sekitar empat orang santri murni, camat kita juga ada yang santri, Ketua MPU, Dirut PDAM juga santri, dan Ketua tim khusus evaluasi pembangunan Bener Meriah yang baru dilantik juga Alhamdulillah juga santri. Jadi peluang di Bener Meriah bagi santri cukup terbuka.”kata Plt Bupati Bener Meriah.

Lebih jauh di sampaikan Tgk. H. Sarkawi, sekarang bagaimana kemudian hal tersebut dapat di optimalkan, dimaksimalkan pungsi tersebut.

Plt Bupati Bener Meriah itu menambahkan, bahwa dirinya sangat optimis, Kabupaten Bener Meriah bisa ditata bersama-sama dengan sebaik-baiknya, dari dukungan kita bersama-sama. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan di Bener Meriah kendati sederhana dapat menjadi inspirasi kabupaten/kota lainnya, bagaimana kemudian para santri dapat terlibat jauh didalam melayani masyarakat melalui pintu pemerintah. (rel)

%d blogger menyukai ini: