Disbudparpora Aceh Tengah Lakukan Penjaringan Pertukaran Pemuda Antar Negara

Ilustrasi

Laporan : Hafiz Mirsada

Takengon – lingepost.com : Disbudparpora Aceh Tengah mulai melakukan penjaringan Pertukaran Pemuda Antar Negara sebagai perwakilan dari Kabupaten Aceh Tengah di Kantor Disbudparpora setempat, mulai Senin 27 s/d Rabu 29 Maret 2017.

Para pemuda yang lolos seleksi nantinya berhak mengikuti seleksi tingkat nasional untuk bersaing dengan pemuda lainnya se tanah air memperebutkan posisi sebagai duta Pertukaran Pemuda Antar Negara.

Kabid Kepemudaan Disbudparpora Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo, mengatakan pihaknya akan menjaring sebanyak 6 pemuda dari total peserta yang mendaftar.

Menurutnya, ada sebanyak 33 pemuda yang telah mendaftarkan diri namun pada pelaksanaan penjaringan tersebut dimulai hanya diikuti oleh 15 peserta.

Lanjutnya, program Pertukaran Pemuda Antara Negara tersebut bekerjasama dengan lima negara yakni Kanada, Korea Selatan, Jepang, India, dan Australia.

“Kita menargetkan minimal dua orang pemuda yang akan mewakili Aceh Tengah,” kata Zulfan Diara Gayo.

Untuk dapat terpilih sebagai duta Pertukaran Pemuda, kata Zufan, tidaklah mudah, namun ia yakin dengan menerapkan seleksi yang ketat, maka Aceh Tengah dapat meloloskan perwakilannya.

Dalam hal ini, para pemuda disyaratkan masih berusia 18-30 tahun. Mereka nantinya akan diuji dengan beragam materi, diantaranya psikologi, agama, bahasa inggris, seni budaya, bidang kepemudaan, dan kemampuan berkomunikasi.

%d blogger menyukai ini: