Dinas Pariwisata Aceh Tengah gelar Sosialisasi Desa Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah Zulkarnain didampingi Kabid Destinasi Elfitra membuka kegiatan Sosialisasi Desa Wisata di Aula Parkside Hotel Takengon, Rabu (10/8/2022).

Takengon | lingePost - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar kegiatan Sosialisasi Desa Wisata kepada aparatur desa di daerah itu, Rabu (10/8/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah Zulkarnain mengatakan kegiatan tersebut adalah dalam rangka pengembangan pariwisata berbasis masyarakat melalui pemberdayaan desa wisata.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan dan ide kepada masyarakat pelaku usaha di sekitar desa dan juga memperluas kesempatan berusaha dengan melibatkan kaum perempuan dan ibu-ibu yang ada di desa wisata," kata Zulkarnain saat membuka kegiatan tersebut di Aula Parkside Hotel Takengon.

Kegiatan ini kata dia juga bertujuan agar pemerintah daerah dapat melakukan pemetaan potensi dan prospek serta menentukan skala prioritas dalam pengembangan pariwisata daerah kedepannya.

Sementara Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Aceh Tengah Elfitra dalam hal ini menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan sumberdaya manusia dalam pengelolaan kepariwisataan khususnya di desa wisata.

"Adapun sasaran kegiatan ini adalah desa wisata yang mempunyai objek dan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah," kata Elfitra.

Lanjutnya Kabupaten Aceh Tengah kaya akan potensi wisata seperti kawasan Danau Lut Tawar, agro wisata kebun kopi, dan wisata sejarah.

Untuk itu kata dia perlu disusun suatu rencana kegiatan desa wisata tahun 2022 terkait pembentukan dan pengembangan desa wisata di daerah itu.

 

KM