Dewan minta PLN tertibkan kabel listrik nelayan di Danau Lut Tawar

Ketua Komisi B DPRK Aceh Tengah Sukurdi Iska.

Takengon | lingePost - Ketua Komisi B DPRK Aceh Tengah Sukurdi Iska meminta PLN setempat menertibkan penggunaan kabel listrik oleh nelayan dalam aktifitas menangkap ikan di perairan Danau Lut Tawar.

Praktek tersebut kata Sukurdi sangat berbahaya sehingga harus menjadi perhatian pihak PLN setempat.

"Apakah ada aturannya kabel (Listrik) bisa ke danau. Kalau terjadi sesuatu nanti, ada musibah, ada kebocoran (Kabel) semuanya akan amburadul," kata Sukurdi Iska di DPRK setempat, Kamis.

Hal ini mengemuka saat berlangsungnya sidang audiensi membahas penertiban penggunaan alat tangkap ikan jenis cangkul padang (Jaring angkat) di Danau Lut Tawar antara masyarakat nelayan dengan pihak terkait di DPRK setempat.

Ketika disinggung soal penggunaan kabel listrik untuk bisa menyalakan lampu dalam aktifitas nelayan di danau tersebut yang disebut menyalahi aturan, para nelayan mengaku pemasangan instalasi kabel listrik tersebut bahkan dilakukan oleh petugas PLN yang mereka bayar.

Karena itu para nelayan tidak mau disalahkan dalam persoalan ini.

"Kalau kami ya gak ngerti soal instalasi kabel listrik itu, yang pasang ya orang PLN," kata perwakilan nelayan.

Kepala PLN Cabang Aceh Tengah Salman dalam hal ini mengatakan praktek tersebut memang menyalahi aturan dan sangat berbahaya.

Namun ia sendiri mengaku tidak pernah mengetahui kalau pemasangan kabel-kabel tersebut dilakukan oleh petugas PLN seperti pengakuan para nelayan.

"Saya akan menindak hal ini jika memang betul dipasang oleh petugas PLN," kata Salman.

Sementara saat dimintai keterangan lebih lanjut usai sidang audiensi ditutup, Salman tak lagi mau menanggapi pertanyaan wartawan dan berlalu begitu saja meninggalkan ruang sidang DPRK setempat.

Padahal para awak media masih ingin memperjelas sikap atau langkah apa yang akan dilakuan oleh PLN setempat untuk bisa menertibkan kabel-kabel listrik nelayan di Danau Lut Tawar.

Dalam hal ini disebutkan penggunaan kabel listrik PLN oleh nelayan adalah untuk dapat menyalakan lampu di dalam air agar dapat menarik perhatian ikan berkumpul di area alat tangkap ikan jenis cangkul padang atau jaring angkat.

 

KM