Ciptakan Lingkungan Bersih, TNI dan Warga di Blang Panas gelar Gotong Royong

Redelong – lingepost.com : Dalam rangka pembinaan teritorial dan menjalin hubungan tali silaturahmi antara TNI dan Rakyat dan mendukung program budaya bersih untuk terciptanya lingkungan masyarakat yang sehat dan asri, Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P berbaur ramai di tengah-tengah Prajurit Koramil 11WPS dan Kopipe Ketiara Takengon serta masyarakat melaksanakan kegiatan Karya Bhakti yang bertempat di Desa Blang Panas komplek, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Jum’at (07/07/2017).

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P menuturkan, bahwa gotong royong sangatlah penting untuk menjaga dan meningkatkan konsistensi suatu wilayah serta bentuk partisipasi TNI, Kopipe Ketiara dan masyarakat dalam turut serta membangun desa. Gotong royong merupakan salah satu budaya kita sebagai warga Indonesia, dan mendapat pujian dari bangsa lain dikarenakan budayanya yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia. Ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari Sabang hingga Merauke, walaupun berbeda agama, suku dan warna kulit. Namun di zaman serba modern saat ini semangat kegotong royongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya lokal mulai terkikis habis oleh perkembangan zaman. Orang-orang sudah memikirkan kebutuhan mereka sendiri tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Hal ini jangan sampai terjadi di bangsa Indonesia yang kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya.

Lebih lanjut Dandim mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan hidup bersih merupakan sebagian dari iman. selain di samping melaksanakan tugas pokoknya sebagai satuan teritorial, juga melaksanakan kegiatan Binter yang sangat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Kegiatan ini di prakarsai oleh Kodim sebagai realisasi dari pembinaan teritorial satuan komando kewilayahan yang sudah menjadi program TNI-AD. Karya Bhakti ini merupakan salah satu metoda dalam upaya unyuk pembinaan pertahanan wilayah, oleh karena itu satuan yang ada di  daerah harus bersinergi saling mengenal, saling silaturahmi sehingga saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya, dengan demikian penerapan metoda ini di harapkan TNI akan tetap di cintai oleh rakyat.

Sebelum melaksanakan gotong royong Danramil 11/WPS Kapten Inf Elfin Junaidi mengatakan, kegiatan karya bhakti ini bertujuan untuk meningkatkan kebersaman antara TNI dan masyarakat sehingga akan terjalin keakraban dan silaturahmi. Menjelang musim hujan, kita bahu-membahu dengan masyarakat untuk membersihkan rumput yang ada di jalan dengan cara membabat pakai mesin rumput dan membersihkan parit serta selokan yang menyumbat saluran air. Untuk itu kita budayakan kembali kegiatan gotong royong di masyarakat, karena selama ini budaya gotong royong merupakan budaya yang perlu di tingkatkan.

Reje Desa mewakili masyarakat setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dandim, Danramil dan anggotanya serta Kopipe Ketiara karena dengan kehadiran ditengah-tengah kami dapat menambah semangat warga masyarakat untuk bergotong royong serta berkat gotong-royong TNI dan Kopipe Ketiara serta masyarakat kebersihan lingkungan di tempat kami dapat terpelihara dan terjaga dengan baik, kami juga sangat berharap wujud kerjasama yang baik ini akan terus terjalin guna kesejahteraan masyarakat. (rel/Arif Setiyono)

%d blogger menyukai ini: