Bupati Shabela Resmi Tutup Pacuan Kuda HUT ke-77 RI

Bupati Shabela Abubakar menyerahkan hadiah dan tropi juara kepada pemenang perlombaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo, Minggu (28/8/2022).

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar resmi menutup even Pacuan Kuda Tradisional Gayo di Lapangan Belang Bebangka, Pegasing, Minggu (28/8/2022).

Dalam sambutannya Shabela menyampaikan pacuan kuda tradisional Gayo merupakan bagian dari tradisi budaya masyarakat di daerah itu yang telah ada sejak lama.

Kini kata dia pesta rakyat tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan datang ke Aceh Tengah.

"Karena itu kualitas pelaksanaannya harus dapat lebih baik, agar Kabupaten Aceh Tengah dapat menjadi daerah wisata unggulan yang semakin diminati," kata Shabela Abubakar.

Lanjutnya pelaksanaan even budaya tersebut juga selalu terbukti dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Shabela berharap perekonomian masyarakat dapat terus bangkit pasca didera pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan dengan digelarnya even ini gairah wisata dan perekonomian masyarakat di kabupaten Aceh Tengah dapat kembali bangkit," ujarnya.

Pelaksanaan hari terakhir pacuan kuda tradisonal Gayo ini tampak berlangsung semarak dengan ribuan penonton antusias memadati Lapangan Belang Bebangka Pegasing.

Sementara untuk babak final ada sebanyak 15 race perlombaan yang disajikan dengan menampilkan kuda-kuda pacu terbaik dari berbagai kelas perlombaan.

Para pemilik kuda-kuda juara pada hari ini juga berkesempatan langsung menerima hadiah dan piagam penghargaan dari Bupati Shabela Abubakar.

 

KM