Bupati Shabela minta Majelis Adat Gayo inventarisir tokoh adat perempuan

Bupati Shabela Abubakar menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tokoh Adat Perempuan di Aula Kantor Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Selasa (22/3/2022).

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta Majelis Adat Gayo (MAG) menginventarisir tokoh adat perempuan di Dataran Tinggi Gayo.

Menurutnya hal itu penting dilakukan untuk mengetahui tokoh dan sosok panutan khususnya bagi generasi perempuan saat ini di daerah itu.

"Siapa saja tokoh adat perempuan, berapa jumlahnya, sehingga ke depan dapat dijadikan sebagai tokoh adat perempuan," kata Shabela Abubakar, Selasa (22/3/2022).

"Misalnya Datu Beru, saat ini sudah disematkan namanya menjadi nama RSUD Datu Beru Takengon, begitupun dengan Munyang Kute, buatkan sedikit riwayatnya, supaya nanti bisa menjadi ilmu pengetahuan bagi generasi orang Gayo," tuturnya lagi.

Hal itu diutarakan Shabela saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tokoh Adat Perempuan oleh Majelis Adat Gayo dengan peserta yakni kaum ibu para istri perangkat desa dari 15 kampung di daerah itu.

Dalam hal ini Shabela juga menyatakan sangat mendukung adanya pembinaan terhadap peran perempuan dalam melestarikan adat Gayo.

Menurutnya peran perempuan khususnya kaum ibu yang mendampingi para pejabat perangkat desa adalah sosok penuntun di tengah masyarakat.

Ketua Majelis Adat Gayo Aceh Tengah Banta Cut Aspala pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa urusan adat bukan hanya menjadi tugas kaum lelaki.

Menurutnya kaum perempuan juga harus ikut serta dalam menyelesaikan sengketa adat sesuai dengan tupoksinya saat mendampingi petue atau imam kampung di masing-masing desa.

"Apalagi jika ada hajatan adat di kampung, kaum ibu terdepan dalam pelaksanaannya," kata Aspala.

 

Ant