Bupati Shabela: KIK Penting Kelola Arus Informasi di Desa

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bersama Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh Marwan Nusuf menghadiri kegiatan Penguatan KIK di Aula Hotel Parkside Gayo Petro Takengon, Kamis (2/6/2022).

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan keberadaan Kelompok Informasi Kampung (KIK) penting untuk mengelola arus komunikasi dan informasi di tingkat desa.

"KIK berperan penting dan sentral sebagai mitra pemerintah dalam mengelola arus komunikasi dan informasi serta menjadi mediator aspirasi masyarakat," kata Shabela Abubakar, Kamis (2/6/2022).

Hal itu disampaikannya pada kegiatan Penguatan KIK oleh Dinas Kominfo dan Persandian Aceh di Aula Hotel Parkside Gayo Petro Takengon.

Menurutnya pada era saat ini KIK sangat dibutuhkan untuk penyampaian informasi positif kepada masyarakat serta menjadi wadah penyebar promosi keunggulan daerah.

"Penguatan KIK secara berkesinambungan dirasa penting untuk dilakukan secara terus menerus guna menyesuaikan kebutuhan kemajuan zaman," ujarnya.

Bupati ini juga berharap penguatan KIK dapat lebih memaksimalkan pada pemanfaatan teknologi untuk dapat berinovasi menghasilkan informasi menarik dan bermanfaat.

Dia mengingatkan kepada para peserta terutama Reje Kampung agar dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

Sehingga nantinya kata dia dapat memberikan pengaruh positif bagi perwujudan KIK yang berdaya, mandiri, dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat, terutama sebagai agen informasi maupun dalam mengembangkan potensi daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 Reje (Kepala desa) se Kabupaten Aceh Tengah dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh Marwan Nusuf.

Marwan Nusuf dalam hal ini menyampaikan kegiatan Penguatan KIK bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, serta kearifan para pengelola informasi kampung dalam upaya mendorong berkembangnya motivasi masyarakat.

 

 

KM