Bupati Pantau Kesiapan Pelaksanaan HUT-75 RI di Aceh Tengah

Takengon | lingePost - Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar didampingi Kadis Sosial Aceh Tengah dan Panhut dari Humas Aceh Tengah melakukan pengecekan kesiapan lokasi dan kesiapan tempat pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia di lapangan Setdakab Aceh Tengah, Minggu (16/8/2020).

“Siang ini kami melakukan pengecekan tempat pelaksanaan upacara pengibaran dan penurunan Bendera dan juga kesiapan Upacara Virtual peringatan ke-75 detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di gedung Oproom setdakab dan secara umum persiapan yang dilakukan panitia sudah cukup bagus” jelas Shabela.

Bupati menjelaskan sebagai penegasan, bahwa baik dari tingkat pusat hingga ke daerah, upacara Kemerdekaan RI pada tahun ini bukan dilihat dari kuantitasnya, akan tetapi kepada hikmah dan spirit dari hari peringatan kemerdekaannya.

Persiapan upacara dengan matang harus dilakukan. Karena upacara pada tahun 2020 ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, para peserta dan tamu upacara harus menjaga jarak minimal 1 meter. Selain itu, juga menggunakan masker dan protokol kesehatan lainnya.

"Yang masih menjadi perhatian kami, yakni berupaya untuk tidak ada kerumunan nantinya. Baik sebelum atau sesudah upacara" lanjutnya.

Ia tak ingin kegiatan sakral tersebut malah membuat klaster baru penyebaran Covid-19. Sehingga, protokol kesehatan harus diterapkan sebaik mungkin, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini masih dalam situasi merebaknya pandemi Covid-19. Sehingga penyelenggaraan peringatan pada tahun ini disesuaikan dengan petunjuk dari pusat, yaitu dilaksanakan secara terbatas.

“Hari ini saya melakukan pengecekan terutama lokasi upacara bendera dan juga persiapan upacara virtual, dengan pasukan penggerek bendera yang dibatasi hanya 3 orang dan peserta lainnya hanya dibatasi sebanyak 20 orang” ujar Shabela.

Selanjutnya kita harap penyelenggaraan HUT pada tahun ini nantinya betul-betul sesuai dengan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah, dari progres lapangan beberapa hari terakhir ini, saya percaya pada 17 Agustus besok semua akan berjalan dengan baik, sesuai dengan petunjuk dan panduan pelaksanaanya dan semoga pelaksanaan rangkaian upacara HUT tahun ini dapat berjalan baik dan lancar” tutup Shabela.

 

Rel
%d blogger menyukai ini: