Bupati Ahmadi Sempatkan Sholat Diblue Mosque di Istanbul Turki

ISTANBUL – LINGE POST : Kota Istanbul merupakan kota yang memiliki sejarah yang panjang, kota ini merupakan kota yang pernah dikuasi oleh bangsa Romawi di bawah kepemimpinan Raja Constatine, sehingga kota ini berubah nama menjadi Islambul sejak Sultan Mehmed II atau di kenal denganMuhammad Alfatih menaklukkan kota ini dan saat ini popular dengan nama Istanbul.

Salah satu masjidmegah yang dibangun Sultan Mehmed II ini adalah Blue Mosque yang berdekatan dengan Hadiasopia yang menjadi symbol sejarah panjang Turki Usmani. Dalam helatan Bupati Kabupaten Bener Meriah ke Istandul, beliau menyempatkan diri untuk melaksanakan sholat di masjid tersebut dan bertemu dengan salah satu Imam besar Masjid Kota Istanbul,.

Bupati Ahmadi saat itu memperkenalkan diri kepada Imam Besar Masjid Bleu Masque bahwa dirinya berasal dari Kabupaten Bener Meriah, Provinsi  Aceh, Negara Indonesia, dan beliau sangat senang  dengan kehadiran muslim Aceh dan bersedia berfoto bersama di mimbar masjid tersebut. Fakta sejarah mencatat bahwa Aceh memiliki hubungan yang erat dengan Turki sejak jaman kekhalifahan di Turki dan kesultanan di Aceh.

Bupati Ahmadi sangat mengagumi arsitektur bangunan dan sempat mengelilingi beberapa bagian Blue Masque. Dikarenakan jadwal pertemuan dengan para pengusaha Turki sangat padat, Ahmadi belum dapat melihat sekeliling Blue Masque dan Hagian Sophia. (rel)

%d blogger menyukai ini: