Bupati Ahmadi Buka Rakor Gamawar 2017

REDELONG - LINGE POST : Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, SE membuka rapat koordinasi Gampong Mawadah Warahmah (Gamawar) Tahun 2017 di gedung Unit Pelaksana Teknis Badan- Pusat Informasi Geospasial (UPTD-PIG) Komplek Perkantoran Serule Kayu, Kamis (9/11).

Dalam Rakor Gamawar tersebut selain menyampaikan apresiasinya kepada TP-PKK setempat, Bupati Ahmadi juga menitipkan beberapa harapannya untuk TP-PKK Kabupaten Bener Meriah kedepan.

“Saya berharap, PKK disamping harus mengurus organisasi kemasyarakatan, ibu-ibu PKK tidak boleh melupakan kewajiban sebagai seorang ibu rumah tangga, maka, jangan gara-gara mengurusi organisasi ibu-ibu lupa akan kewajiban ibu-ibu sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anak. Kewajiban ibu-ibu itu adalah jihat fisabilillah.”pesan Ahmadi.

Selain itu, bupati juga menyampaikan, ada lima penilaian Gamawar yang ditetapkan oleh pihak provinsi Aceh. Kelima katagori tersebut terjadi di tiga desa, Desa Sukamakmur, Rembele, dan Kulem Parakanis. “Saya mau jangan dalam mengahadapi penilaian kita baik, artinya, PKK dalam melakukan pembinaan harus secara permanen.”pinta Bupati.

Dia mencontohkan, seperti pembinaan akhlakul karimah yang ada di Pokja 1, jangan saat penialain saja akhlaknya baik, usai penilaian, akhlak tingggal akhlak, baik tinggal baik, terpisah, artinya harus permanen. Kedepan saya mau entah itu menghadapi penilaian ataupun setelah penilaian akhlakul karimah itu dijalankan permanen, sehingga program PKK itu terukur dan terarah, sehingga dukungan yang diberikan pemerintah tidak sia-sia.”ingat Ahmadi.

Bupati Kabupaten Bener Meriah itu juga mengingatkan kembali, agar PKK tidak pilih kasih dalam melakukan pembinaan terhadap kelopok-kelompok, “contohnya dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga, jangan mentang-mentang sanak saudara maka bantuan terus menerus diberikan kesalah satu kelompok. PKK harus betul-betul mengecek siapa yang mengeluti usaha tersebut yang harus kita support, supaya bantuan kita itu bermakna dan permanen.”harap Ahmadi.

Orang nomor satu di Kabupaten Bener Meriah itu juga berpesan kepada PKK, dalam menyalurkan bantuan jangan hanya kepada satu tempat saja, artinya kata Ahmadi, PKK harus merata dan menyebar dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat, sehingga ada pemerataan seluruh desa yang ada dalam kabupaten tersebut.

Terkait prilaku hidup sehat dan bersih, bupati mengharapkan jangan hanya desa yang dibina saja bersih, tapi bupati berharap semua desa yang ada dalam kabupaten tersebut harus bersih.

Sebelumnya Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Nurhasanah, S.Pdi dalam kesempatan itu menyampaikan, TP-PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang menunjang keberhasilan dari pelaksanaan program pemerintah, karena jangkauan Pembina dari TP-PKK sampai kepada kelompok terkecil dalam masyarakat, yang lebih dikenal dengan kelompok dasawisma.

“Pada tahun ini ada tiga kampung yang menjadi sasaran kampung binaan PKK Kabupaten Bener Meriah, yang akan mengikuti penilaian yang akan dilaksanakan oleh TP-PKK Provinsi Aceh. Sebagai persiapan untuk mengikuti penilaian tersebut, TP-PKK Kabupaten Bener Meriah telah melakukan pembinaan antara lain, Kampung Rembele,  Kampung Sukamakmur Timur, dan Kampung Kulem Parakanis.”terang Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah itu.

Adapun latar belakang pembinaan ketiga kampung tersebut katanya, adalah hasil dari penilaian kampung yang dilaksanakan oleh TP-PKK Kabupaten Bener Meriah di 10 kecamatan dalam Kabupaten Bener Meriah pada Tahun 2016, “sedangkan kampung binaan untuk Tahun 2018, pemilihannya akan dilakukan pada Desember 2017, dengan mengunjungi 10 kampung dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bener Meriah.”terang Nurhasanah sembari menambahkan, untuk pembinaan kampung tersebut tentunya tidak terlepas dari peranserta dinas dan badan terkait di Kabupaten Bener Meriah.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah itu berharap, melalui rapat koordinasi tersebut terselenggaranya pembinaan minimal di tiga kampung yang telah disebutkan, selain itu, Ketua TP-PKK Bener Meriah tersebut juga berharap dari rakor yang dilaksanakan pada kesempatan itu dapat terjalin hubungan kerja sama yang baik dan sesuai dalam pelaksanaan program kerja dengan semua pihak terkait dilapangan.

“Tentang perlombaan yang diselanggarakan oleh TP-PKK Aceh, insyaallah akan dilakukan pada awal tahun 2018 yang akan datang.”demikian Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Nurhasanah, S.Pdi. (rel)    

%d blogger menyukai ini: