Bupati Aceh Tengah Launching dan Pantau Penyaluran BST untuk Warga Terdampak Covid 19

Takengon | lingePost - Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk wilayah Kabupaten Aceh Tengah akhirnya terealisasikan. Pendistribusian bantuan senilai Rp. 600 ribu/bulan selama tiga bulan dimulai.

Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar didampingi Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Sosial, dan Kepala Kantor Pos Takengon melaunching penyaluran BST Tahap I dari Kementerian Sosial RI itu di Kantor Pos Takengon, Selasa (12/05).

Dalam sambutannya, Bupati Shabela Abubakar mengatakan bahwa bantuan uang tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini merupakan wujud tanggung jawab pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak ekonomi akibat Covid-19.

Meskipun penyaluran BST sedikit mengalami keterlambatan, Dia menjelaskan hal tersebut terjadi dikarenakan proses validasi data penerima bantuan agar tidak tumpang tindih dan dapat terakses bantuan secara merata.

“Mungkin ada perasaan penyaluran bantuan ini telat, tapi untuk proses yang benar kami perlu lakukan, agar tidak terjadi kesalahan data yang berakibat pada keributan”, jelas Shabela.

“Dengan validasi data ini, tidak terjadi tumpang tindih dalam pemberian bantuan. Seperti yang telah menerima paket sembako atau bantuan non tunai tidak lagi dapat BST, demikian sebaliknya agar semua merata dan terakses bantuan”, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Shabela berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok dan digunakan sebaik-baiknya ditengah pandemi Covid-19.

“BST ini mohon dimanfaatkan dengan benar. Dipergunakan untuk yang berguna bagi kita dalam menghadapi dampak corona. Beli makanan dan kebutuhan pokok yang penting-penting buat keluarga," ujarnya.

Shabela pun mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker dan menjaga social distancing serta mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Kepada Kantor Pos sebagai penyalur dana diharapkan melayani para penerima bantuan dengan sebaik-baiknya.

Seperti diberitakan, penerima BST di Kabupaten Aceh Tengah tercatat sebanyak 6.211 KPM. Dimana rincian penyaluran melalui PT. Pos Indonesia sebanyak 5.780 KPM, BNI 50 KPM dan BRI 381 KPM.

Penyaluran BST melalui PT. Pos Indonesia dilaksanakan secara serentak mulai hari ini sampai beberapa hari kedepan di 5 (lima) Kantor Pos dalam Kabupaten Aceh Tengah. Masing-masing pada Kantor Pos Takengon, Bintang, Pegasing, Isaq dan Angkup.

Untuk Kantor Pos Takengon sendiri, nantinya akan melayani masyarakat penerima BST dari 4 (empat) kecamatan. Dan hari ini hanya akan melakukan pelayanan bagi 400 KPM yang berasal dari Kecamatan Kute Panang.

Sementara itu, untuk penyaluran BST melalui Bank BNI dan Bank BRI belum dilakukan penyaluran, dan masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Namun dipastikan dalam waktu dekat ini.

 

 

HM
%d blogger menyukai ini: