Bocah ini Putus Sekolah akibat Derita Infeksi Mata yang Terus Membengkak

Sultan Mahudin

Laporan : Taufiq H

Takengon - lingepost.com : Sultan Mahudin (15 tahun) harus putus sekolah akibat menderita pembengkakkan pada mata kirinya yang terus membesar.

Penyakit itu diderita Sultan sejak kecil. Berawal ketika mata kirinya tertusuk daun serewangi saat masih usia 3 tahun yang kemudian menyebabkan infeksi.

Sejak peristiwa itu, mata kiri Sultan mulai mengeluarkan lendir dan terus membengkak. Faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu membuat Sultan tak pernah mendapatkan perawatan medis untuk pengobatan matanya itu.

Oleh neneknya, Sultan hanya dibawa berobat ke dukun. Namun, upaya alternatif itu tak pernah membuahkan hasil. Kondisi mata Sultan kian waktu semakin memperihatinkan.

Sultan Mahudin adalah anak pertama pasangan Jemalim dan Kasrina, warga Kampung Tanoh Depet, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah.

Bocah ini memutuskan berhenti sekolah ketika masih duduk di bangku kelas 4 SD. Sultan mengaku malu ke sekolah dengan kondisinya itu.

Saat ini, kondisi Sultan terus memburuk. Beruntung Sultan kini mendapat pendampingan dari Komunitas Palliative Care Indonesia dan Cfour Aceh yang berencana akan merujuk bocah kelahiran 1 September 2002 itu ke Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh.

Namun, Sultan tetap membutuhkan uluran tangan para dermawan untuk bisa membiayai pengobatannya secara berkelanjutan.

Pihak keluarga bocah ini juga berharap pemerintah daerah dapat membantu pengobatan Sultan hingga sembuh.

Editor : Kurnia Muhadi

%d blogger menyukai ini: