BMKG : Seluruh Aceh Diguyur Hujan Intensitas Sedang dan Lebat

SABANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika, Senin menyatakan, hampir menyeluruh Provinsi Aceh diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan masyarakat diimbau tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir maupun longsor.

"Hampir menyelurus di 23 kabupeten-kota se-Aceh berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sampai tanggal 9 November ini," kata Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang di Sabang, Senin.

Sistem peringatan awal atau early warning system (EWS-Aceh) mengumumkan potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat menguyur wilayah Aceh secara menyeluruh sejak tanggal 7-9 November 2016.

Ada pun daerah yang diguyur hujan meliputi Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lokseumawe, Langsa, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Hujan juga menguyur wilayah Barat Aceh yakni, Aceh Barat, Aceh jaya, Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Subulussalam, Singkil hinggal kepulauan Simulue.

Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang juga mengimbau masyarakat yang berdomisili dekat dengan aliran sungai mengwaspadai potensi banjir.

"Kondisi cuaca tersebut akan memicu timbulnya beberapa bencana hidrometeorologi seperti banjir,  gerakan tanah longsor dan endemi beberapa penyakit lainnya dan ini butuh kewaspadaan masyarakat secara umum" ujar Siswanto.

Lebih lanjut ia menambahkan, wilayah  hilir daerah aliran sungai agar meningkatkan kesiapsiagaannya menghadapi datangnya kemungkinan bencana banjir bandang dan gerakan tanah longsor dengan memperhatikan beberapa daerah resapan maupun parit yang tersumbat oleh material lumpur serta sampah.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan jasa transportasi pelayaran di Sabang dan Aceh secara umum serta masyarakat nelayan untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi tinggi gelombang yang mencapai tiga meter. | ANTARA Aceh

Pewarta: Irman

%d blogger menyukai ini: