BLT Dana Desa untuk Warga Terdampak Covid 19 di Kabupaten Aceh Tengah Mulai Disalurkan

Takengon | lingePost – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar resmi melakukan launching sekaligus menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi warga yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah, Senin (18/05).

Launching dan penyerahan BLT-DD sebesar Rp 600 ribu/KK secara simbolis ini, diselenggarakan di 3 (tiga) kampung yakni pada Kampung Burbiah Kecamatan Bebesen sebanyak 38 KK, Kampung Kuyun Uken 89 KK dan Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala 27 KK.

Dalam setiap kesempatan penyaluran bantuan tersebut, Bupati berharap penerima dana BLT-DD pada masing-masing kampung ini benar-benar telah terverifikasi berdasarkan hasil musyawarah desa khusus sehingga mengakomodir masyarakat yang terdampak Covid-19 yang memenuhi syarat namun sama sekali belum pernah menerima bantuan.

Dia juga mengemukakan bahwa, dengan banyaknya sumber bantuan yang dapat dialokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19 ini, dapat mengcover penerima bantuan dalam jumlah yang lebih banyak.

“Idealnya tidak ada lagi warga kita yang tidak tercover untuk mendapatkan bantuan, karena pintu bantuan sudah datang dari berbagai sumber” harap Shabela.

“Apalagi mulai hari ini kita juga akan menyalurkan bantuan sembako dari Provinsi dan dari APBK kita. Jadi akan banyak sekali masyarakat kita yang terdampak Covid-19 dapat terbantu” tambahnya.

Shabela melanjutkan, semua pihak dapat berperan dalam mengawasi penyaluran bantuan penanganan covid-19 di wilayah masing-masing. Dia menegaskan, bilamana terdapat warga yang pantas untuk menerima bantuan namun terlewatkan, dapat segera melaporkan ke pihaknya untuk dicarikan jalan penyelesaian.

“Kami mengajak kita semua untuk turut mengawasi pelaksanaan bantuan penanganan Covid-19 di daerah kita masing-masing. Bila ada warga yang sebenarnya berhak menerima bantuan, namun belum terakomodir tolong segera dilaporkan kepada kami” tegasnya.

Agar efektifitas penyaluran bantuan ini sesuai dengan yang diharapkan, Shabela berharap agar uang dari BLT-DD ini dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Dia juga berharap agar penyaluran BLT-DD ini dapat dilakukan dengan transparan, tepat sasaran, sesuai dengan pendataan dan penuh rasa tanggung jawab.

Usai melaunching program BLT-DD, Bupati Aceh Tengah juga melakukan pembagian bantuan rawan pangan tersier kepada 35 KK warga Kecamatan Celala yang mengalami gagal panen akibat bencana alam banjir, bertempat di Kantor Camat Celala.

Bantuan yang terdiri atas 15 KG beras, 1 papan telur, 1 KG gula putih dan 1 liter minyak goreng tersebut berasal dari anggaran Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah.

 

 

HM
%d blogger menyukai ini: