Badan Kesbangpol Bener Meriah Adakan Pelatihan Peningkatan Wawasan Kebangsaan

Redelong | lingePost - Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bener Meriah mengadakan pelatihan Forum Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang diikuti oleh utusan masing-masing kecamatan yang berada dalam lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah bertempat di Gedung Empu Beru Komplek perkantoran Serule Kayu – Redelong, Selasa, 25/6/2019.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Kabupaten Bener Meriah dalam hal ini diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt). Sekda Khairun Aksa, SE. MM. yang didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol diwakili oleh Bapak Sudarman, SP, Koramil Weh Pesam dan unsur Kejaksaan Negeri Bener Meriah.

Dalam acara pembukaan tersebut Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM dalam pidatonya menyampaikan ucapan terima kasih serta manyambut baik atas diselenggarakannya acara Forum Peningkatan Wawasan Kebangsaan di Kabupaten Bener Meriah yang di inisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Bener Meriah supaya kita dapat meningkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam wilayah NKRI, papar Sekda.

“Bangsa kita merupakan bangsa yang plural seperti beragamnya suku, budaya,agama dan berbagai aspek politik lainnya, serta kondisi geografis Negara kepulauan yang tersebar. Semua ini mengandung potensi konflik yang dapat merugikan dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa” , urai Plt. Sekda Khairun Aksa.

Lebih lanjut Bupati dalam teks pidato yang di bacakan oleh Plt. Sekda menerangkan, “Pengertian Wawasan Kebangsaan oleh kalangan umum sebenarnya tidak semata-mata hanya dipahami sebagai upaya dalam bentuk fisik mengangkat senjata atau hal-hal yang bersifat militerisme.

Dalam hal ini konsepsi wawasan kebangsaan juga mengandung dimensi pengertian yang cukup luas yang pada cara pandang satu kesatuan dari semua aspek kesatuan nasional, kesatuan wilayah bangsa hingga perasaan senasib sepenanggungan dapat menangkal berbagai bentuk ancaman musuh baik dari dalam maupun luar negeri”, jelas Plt. Sekda Khairun Aksa.

“Melihat kondisi dewasa ini rasanya cukup berat beban Negara dalam mengahadapi berbagai persoalan, baik menyangkut bidang politik, ekonomi maupun aspek social lainnya. Terlebih dalam menghadapi berbagai bentuk tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan wilayah NKRI, apalagi akhir-akhir ini ada kecendrungan bahwa masyarakat kita semakin kurang memiliki rasa cinta tanah air, begitu pula dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme serta rasa persatuan dan kesatuan” tegas Khairun Aksa.

Plt. Sekda Bener Meriah Khairun Aksa, SE.MM mengajak seluruh peserta pelatihan, untuk kembali untuk membangkitkan kesadaran kita pada semangat persatuan bangsa, Nasionalisme maupun patriotisme melalui upaya Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, punngkasnya.

Acara ini berlangsung satu hari penuh yang diikuti 75 peserta yang mewakili 10 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah, dengan menghadirkan Pemateri, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bener Meriah, Kapten Sutrimo Danramil Kecamatan Weh Pesam, Kardono dari Kejaksaan Bener Meriah dan Tgk. Abd. Rahman Lamno.

 

Rel

 

%d blogger menyukai ini: