Asisten Pemerintahan Dan Kesra Membuka Pelatihan Kepemimpinan Bagi Perempuan

Redelong | lingePost – Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Bener Meriah Drs. Mukhlis membuka kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi perempuan, Rabu (27-2-2019).

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung P2TP2A Komplek Perkantoran Pemda jalan Serule Kayu, Kecamatan Bukit tersebut akan berlangsung selama dua hari, sejak Tanggal 27 hingga 28 Februari 2019.

Kabit Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Aceh Dasrita Bahri, S.Si,. M.AP dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 40 orang peserta, yang terdiri dari perempuan potensial, kader atau anggota organisasi, aktifis perempuan ataupun tokoh masyarakat yang ada dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah.

“Tujuan pelatihan ini secara umum adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan peserta terhadap konsep dan menejemen kepemimpinan. Meningkatkan mitivasi kesadaran dan partisipasi perempuan terhadap pembangunan berperspektif gender. Secara kusus kegiatan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat perempuan untuk berperan aktif dalam organisasi, lembaga, maupun masyarakat. Menumbuhkan kepekaan, kesadaran, dan komitmen peserta dalam menegakkan keadilan gender dalam pembangunan.”terang Dasrita tersebut.

Tambahnya lagi, adapun narasumber yang akan mengisi kegiatan tersebut adalah dari akademisi UIN AR-Raniry Banda Aceh DR. Rahmi. Dari lokal Akademisi UGP Aceh Tengeh Turham Ag, S.Ag, M.Pd. dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh, serta dari Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Bener Meriah Drs. Mukhlis dalam sambutan Plt Bupati Bener Meriah menyampaikan, pertama-tama kami sangat menyambut positif pelatihan kepemimpinan bagi kaum perempuan, kegiatan ini sangat bermanfaat agar perempuan dapat mengerti dan memahami kesetaraan gender dan karakter seorang pemimpin.

Lanjutnya lagi, dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, sikap dan perilaku kaum perempuan terutama kemampuan dalam mengemukakan pendapat serta berkomunikasi yang baik. Semakin meningkatnya tingkat pendidikan perempuan maka semakin terbuka juga kesempatan bagi perempuan untuk dapat mengaktualisasi diri dan turut berpartisipasi dalam berbagai bidang pembangunan. hal ini dapat dilihat dari meningkatnya proporsi perempuan dalam lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif. Perubahan ini menggambarkan bahwa sangatlah penting peningkatan kualitas sumber daya perempuan sehingga bisa terwujud kesetaraan dan keadilan gender.

Kata Drs. Mukhlis itu lagi, pentingnya agar perempuan aktif di dalam organisasi dipandang memiliki peran strategis dalam pengembangan wawasan, kemampuan manajemen dan kepemimpinan perempuan dalam berbagai bidang, sehingga dapat berperan secara aktif dalam pembangunan. Untuk itu, kaum perempuan perlu meningkatkan kualitas pengetahuan dan wawasan dalam hal kepemimpinan sehingga dapat menjamin keberlangsungan organisasi, perempuan juga diharapkan untuk bisa menjadi contoh dalam organisasi. Selain dalam organisasi kaum perempuan juga tidak boleh lupa didalam mengelola rumah tangga. ibu-ibu tetap perlu mengawasi perkembangan mental dan fisik anak-anak sehari-hari, apalagi pengaruh internet dan penyalahgunaan narkoba sangat besar, karena itu dibutuhkan keteladanan ibu-ibu semua. “Kami mengharapkan agar pelatihan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar serta menghasilkan hal yang positif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup perempuan.”Demikian Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Bener Meriah.

 

Rel

%d blogger menyukai ini: