Asisten II Wakili Plt Bupati Bener Meriah Hadiri Panen Jagung di Kampung Tembolon

Redelong | lingePost -  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah Abd. Muis, SE., MT. mewakili Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri panen perdana Jagung Bisi 226 Kegiatan APBN Tahun Anggaran 2018 di Kampung Tembolon Kecamatan Syiah Utama Kabupaten setempat, Sabtu (26/1/2019).

Camat Kecamatan Syiah Utama Yusra Helmi, SE. pada kesempatan menyampaikan sambutannya menyebut bahwa penanman jagung yang dipanen pada kesempatan ini merupakan hasil merupakan hasil motivasi yang diberikannya kepada masyarakat bersama Forum Pimpinan Kecamatan Syiah Utama dan Koodinator Penyuluh Pertanian Syiah Utama, khususnya di Kampung Tembolon ini sebagai percontohan melalui kerjasama dengan kelompok tani dan Babinsa dan Babinkamtibmas.

Menurut Camat Yusra Helmi, melihat hasil yang didapatkan dari hasil menanam jagung di Kampung Tembolon ini, masyarakatnya diberbagai Kampung dalam Kecamatan yang dipimpinnya itu sudah meminta melalui pihaknya untuk dapat menanam jagung seperti yang panen pada saat ini.

Mengingat antusiasme masyarakat untuk menanam jagung ini begitu tinggi, Camat Syiah Utama memohon kepada Pemerintah Kabupaten Bener melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abd. Muis, SE., MT. yang saat ini juga menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah untuk dapat membantu masyarakat dalam hal pengadaan bibit dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan dalam proses penanaman jagung ini sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara itu Danramil Kecamatan Bandar dan Syiah Utama dalam sambutannya menyampaikan kesiapan pihaknya untuk mendukung program penanaman jagung ini dan program-program lainnya untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat.

Menyikapi permohonan dan antusiasme masyarakat di wilayah kecamatan Syiah Utama untuk melakukan kembali penanaman jagung ini, Plt. Bupati Bener Meriah melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abd. Muis, SE., MT. akan mengupayakannya sesuai dengan kesanggupan dan ketersediaan anggaran serta ketentuan dan prosedur.

Untuk mewujudkan program dan tujuan itu, Abd. Muis juga menyarankan kepada warga masyarakat yang menginginkan bantuan agar dapat dengan segera membentuk kelompok-kelompok tani sebagai wadah untuk menyalurkan bantuan.

Kepala Balai Penyuluhan Samar Kilang Zakaria, S.ST. dan salah seorang Penyuluh Penyuluh Pertanian Zulman bahwa secara keseluruhan jagung yang akan panen di Kecamatan Syiah Utama seluas 74 Ha yang tersebar dibeberapa titik secara berjenjang dan khusus untuk panen perdana di Kampung Tembolon ini seluas 35 Ha yang ditanam oleh 2 kelompok tani, yakni kelompok tani Tirmiara dan Muger.

Menyangkut dengan hasil, Zakaria menyebutkan dengan bibit 15 Kg varietas bibit jagung hibrida BISI 226 dan pupuk urea 50 Kg per hektar hasil yang didapat rata-rats berkisar antara 8 - 10 ton dengan pola Tanpa Olah Tanah (TOT).

Menurut penuturan petugas penyuluh pertanian yang turut mendampingi kelompok tani lainnya Nasrun kepada Kabag Humas Serdakab Bener Meriah Sukur, S.Pd., M.Pd., bila proses tanamnya dilakukan secara sempurna dan maksimal, maka hasil panen jagung ini bisa berkisar rata-rata antara 10-12 ton per hektar, karena varietas tanaman jagung BISI 226 merupakan bibit jagung hibrida dengan tingkat kehandalan atau kompetensi yang berpotensi berbuah 2-3 tongkol perbatang

Menyangkut potensi lahan yang dapat dikembangkan sebagai areal penanaman jagung di kecamatan Syiah Utama yang tergolong marjinal ini menurut Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Abd. Muis, SE., MT. yang turut hadir bersama sekretaris Dinas tersebut Dra. Nirwana, M.Si. dan sejumlah Kepala Bidangnya bahwa daerah ini memiliki lahan yang sangat luas untuk pengembangan tanaman jagung demikian juga kecamatan-kecamatan lainnya di kabupaten Bener Meriah.

"Untuk tahun ini saja melalui program yang sama di tercatat 210 hektar yang ditanami jagung ink dan tersebar di 6 kecamatan dan salah satunya di kecamatan Syiah Utama ini dengan totol luasnya mencapai 74 hektar", sebut Abd Muis dan iakan Kepala Balai Penyuluhan Samar Kilang Zakaria, S.ST. dan petugas penyuluh pertanian lainnya serta Babinsa Kampung Tembolon Sertu Laromi,
dan Babinkamtibmas yang bertugas di daerah ini.

 

 

Rel

 

%d blogger menyukai ini: