Adu Penawaran Capai Rp 13 Juta Untuk 1 Buku Gayo 6,2 SR Karya Iranda Novandi

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon - lingepost.com : Buku Gayo 6,2 SR karya penulis Iranda Novandi berhasil terjual Rp 13 juta untuk 1 buah buku saja, dalam lelang yang digelar usai peluncuran buku tersebut di Takengon, Jumat malam 8 Januari 2016.

Adu penawaran berlangsung sengit untuk satu buku di lelang terakhir. Saling tawar antara Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani, Anggota DPRK Aceh Tengah H Hamdan, dan M Amin dari Ormas Pemuda Pancasila Bener Meriah, berlangsung menegangkan dalam suasana kebersamaan hingga mencapai angka Rp 13 juta dari sebelumnya dibuka pada harga Rp 150 ribu.

Lelang dipandu langsung oleh Iranda Novandi selaku penulis buku tersebut. Tiga buku yang di lelang sebelumnya telah ditandatangani oleh Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani, dan Anggota DPD RI Rafly Kande, di acara peluncuran buku.

Pada lelang buku pertama yang dibuka dengan harga Rp 100 ribu berhasil terjual Rp 750 ribu kepada pembeli atas nama Samsul Saba.

Kemudian buku kedua yang juga dibuka dengan harga Rp 100 ribu terjual dengan harga Rp 600 ribu kepada Rafly Kande.

Untuk buku terakhir, Iranda Novandi, membuka lelang dengan harga Rp 150 ribu. Para peserta lelang kemudian saling menjatuhkan penawaran tertinggi mereka untuk mendapatkan buku tersebut.  

Mulai dari penawaran di angka ratusan ribu rupiah hingga mencapai 1 juta rupiah. Dari angka tertinggi 1 juta, penawaran kemudian meningkat lagi pada kelipatan angka jutaan rupiah dan terus melonjak hingga menembus angka diatas Rp 10 juta.

Lelang pada akhirnya dimenangkan oleh M Amin dari Ormas Pemuda Pancasila Bener Meriah, setelah membandrol buku tersebut dengan penawaran tertinggi di angka Rp 13 juta.

Para peserta lelang sebelumnya diberitahu bahwa hasil lelang dari buku Gayo 6,2 SR tersebut akan diperuntukkan untuk menyantuni anak-anak sekolah kurang mampu dari warga masyarakat korban gempa gayo.

Karena itu, mereka antusias memberikan penawaran tertinggi dalam lelang yang berlangsung, untuk tujuan membantu sesama.

Sementara, Iranda Novandi, kepada lingepost.com mengatakan dana hasil lelang tersebut akan dibelikan berbagai kebutuhan sekolah, untuk selanjutnya diserahkan kepada para siswa/i dari keluarga kurang mampu dan merupakan korban gempa gayo 6,2 SR yang terjadi pada tahun 2013 silam.

Buku Gayo 6,2 SR karya Iranda Novandi adalah buku yang menceritakan kembali berbagai kisah di tengah masyarakat Gayo, saat musibah gempa terjadi.

Dia berharap, kehadiran buku tersebut dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat Gayo khususnya, untuk bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari bencana gempa yang terjadi.

Iranda Novandi adalah penulis asal Gayo yang berprofesi sebagai jurnalis dan bertugas di Kota Banda Aceh. 

Menurutnya, buku yang diluncurkan juga dimaksudkan untuk memotivasi generasi muda Gayo dalam berkarya, menulis, dan mendokumentasikan berbagai hal tentang Gayo, yang kelak akan sangat bermanfaat untuk pengetahuan semua kalangan.
   

%d blogger menyukai ini: