Aceh Tengah Juara Umum Pacuan Kuda HUT ke-77 RI

Bupati Shabela Abubakar menyerahkan hadiah dan tropi juara kepada pemenang perlombaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo, Minggu (28/8/2022).

Takengon | lingePost - Kabupaten Aceh Tengah sebagai tuan rumah pelaksanaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI sukses menjadi Juara Umum.

Aceh Tengah meraih sebanyak 8 medali emas, kemudian disusul Kabupaten Bener Meriah dengan 5 medali emas, dan Kabupaten Gayo Lues dengan perolehan 2 medali emas.

Even ini diikuti oleh tujuh kabupaten kota se Aceh dengan melibatkan total 246 kuda pacu yang ikut berlaga.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulpan Diara Gayo menyebut Aceh Tengah sebagai tuan rumah paling banyak mengikutsertakan kuda pacu dengan jumlah 156 ekor.

Selanjutnya ada Kabupaten Bener Meriah dengan 70 ekor kuda, Gayo Lues 14 ekor kuda, Aceh Utara 1 ekor kuda, Aceh Tamiang 2 ekor kuda, Lhokseumawe 2 ekor kuda, dan Kota Banda Aceh 1 ekor kuda.

Even tahunan ini telah berlangsung selama sepekan sejak 22-28 Agustus 2022 di arena HM Hasan Gayo Belang Bebangka Pegasing dan hari ini resmi ditutup oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

 

KM