Abaikan Pasien, Puskesmas Pegasing Terancam Sanksi Administrasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah Jayusman

Takengon | lingePost – Seorang pasien mengeluhkan bobroknya pelayanan tenaga medis di Puskesmas Pegasing, Aceh Tengah.

Petugas di Puskesmas ini disebut telah mengabaikan pasien yang hendak mendapatkan perawatan medis di sana.

Suami pasien, Irwandi warga Kampung Kayu Kul, Pegasing, Aceh Tengah, mengatakan petugas medis di Puskesmas tersebut terkesan acuh dan kurang respon, padahal pasien mengalami luka robek di kaki dan butuh penanganan segera.

“Awalnya Kami dipersilakan masuk ke ruangan. Namun sampai sekitar 10 menit menunggu tidak ada satu petugas pun yang datang menangani,” kata Irwandi, Kamis 11 Juli 209.

Setelah menunggu lama Irwandi mengaku sempat kembali menemui petugas untuk meminta penanganan segera terhadap pasien.

Namun yang terjadi para petugas medis di sana malah terlihat saling lempar tanggungjawab tentang siapa yang seharusnya bertugas melayani pasien.

Merasa kesal akhirnya Irwandi pun mengamuk di sana, sejumlah tong sampah sampai pecah.

Kemudian barulah tenaga medis yang sebelumnya terkesan membiarkan, mulai berdatangan untuk menangani pasien.

“Saya kecewa karena mereka saling suruh untuk menanggani pasien. Seharusnya petugas harus melayani dulu, meski tenaga khusus yang menanganinya tidak berada di tempat,” ucap Irwandi.

Irwandi yang juga merupakan seorang wartawan dan Pengurus PWI Aceh Tengah, mengaku sudah mengadukan masalah ini langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah, Jayusman.

Ia berharap pelayanan buruk di Puskesmas seperti yang baru saja dialaminya tidak terulang lagi dan tidak terjadi kepada masyarakat lainnya.

“Istri saya sudah dirawat dengan baik dan saat itu kepala Puskesmas tidak berada di tempat. Kemudian kejadian ini saya sampaikan ke Kadiskes Aceh Tengah. Saya harap ke depan rendahnya respon petugas medis terhadap pasien tidak berulang lagi di sana,” tutur Irwandi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah Jayusman saat dikonfirmasi wartawan mengakui sudah mendengar masalah ini.

Jayusman mengatakan akan mempertanyakan dulu masalah ini kepada Kepala Puskesmas setempat.

Menurutnya berdasarkan keterangan sementara yang ia terima, petugas yang seharusnya nenangani pasien sedang tidak berada di tempat.

Namun ketika ditanya apakah petugas lain yang sedang berada di Puskesmas boleh mengabaikan pasien, Jayusman mengakui hal itu seharusnya tidak terjadi.

“Ini saya mau tanyakan dulu ke Kepala Puskesmasnya, kalau memang ada pelanggaran kita akan kenakan sanksi administrasi,” kata Jayusman.

 

 

Reporter : Kurnia Muhadi
Editor :
Comments: 0

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

%d blogger menyukai ini: