90 persen calon jemaah haji Bener Meriah sudah terima vaksin dosis tiga

Dok. Pemberian dosis vaksin tahap tiga kepada calon jemaah haji Kabupaten Bener Meriah.

Redelong | lingePost - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi mengatakan 90 persen calon jemaah haji dari daerah itu hingga saat ini telah menerima vaksin tahap tiga.

Dia menyebut ada sebanyak 144 orang calon jemaah haji daerah itu yang telah terdaftar hingga saat ini. Dan 130 orang diantaranya telah menerima vaksin dosis ketiga (Booster).

"Calon jemaah haji Bener Meriah yang belum menerima vaksin tahap tiga tinggal 14 orang atau 10 persen lagi. Ini belum dilakukan vaksinasi karena yang bersangkutan masih berhalangan dan kurang sehat, Insya Allah dalam waktu dekat akan selesai seluruhnya," kata Ilham Abdi, Senin (7/3/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Gazali dalam hal ini menyampaikan pemberian vaksin dosis ketiga terhadap calon jemaah haji adalah dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekjen Kementerian Kesehatan RI.

"Sesuai Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/III/3550/2022 tentang pelaksanaan pemeriksaan, pembinaan kesehatan, dan pemberian vaksinasi bagi jemaah haji tahun 2022, serta berdasaarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh No.443.01/421/II/2022 tanggal 9 Februari 2022 tentang penyelenggaraan kesehatan haji di kabupaten/kota tahun 2022," sebut Gazali.

Menurutnya pemerintah pusat bersama pemerintah kabupaten kota di seluruh Indonesia saat ini memang tengah melakukan percepatan vaksinasi tahap ketiga, termasuk bagi para calon jemaah haji.

Dengan pemberian vaksinasi dosis lengkap atau hingga dosis ketiga diharapkan para calon jemaah haji nantinya dapat terhindar dari penyebaran COVID-19 saat berada di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air.

 

Ant