6.363 Keluarga di Aceh Tengah Terima Bantuan PKH Mensos RI

Menteri Sosial Khofihah Indar Parawansa didampingi Plt Bupati Aceh Tengah Al Hudri saat menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis di Gedung Olah Seni Takengon, Sabtu 14 Januari 2017

Laporan : Kurnia Muhadi

Takengon – lingepost.com : Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan sejumlah bantuan dalam kunjungan kerjanya ke Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu 14 Januari 2017.

Diantaranya adalah bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan kepada anak-anak berprestasi, bantuan kepada anak-anak Panti Asuhan Budi Luhur, dan menyerahkan bantuan Beras Sejahtera (Rastra) kepada 100 keluarga penerima manfaat di Aceh Tengah.

Untuk bantuan PKH, Mensos Khofifah, mengatakan pencairannya dilakukan pada bulan ini dan  merupakan bantuan social  PKH perluasan tahun anggaran 2016.

Khofifah berharap bantuan tersebut  dapat bermanfaat bagi pemenuhan biaya sekolah dan gizi anak-anak, sehingga lebih meringankan beban para ibu-ibu penerima PKH.

Sementara, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat, menyampaikan bahwa untuk wilayah  Provinsi Aceh PKH mulai dilaksanakan pada tahun 2008 di 3 kabupaten, yakni Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Jaya, dan Kota Lhokseumawe.

Sedangkan Kabupaten Aceh Tengah mulai melaksanakan PKH sejak tahun 2013 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 3.028 keluarga. Jumlah itu terus meningkat hingga pada tahun ini mencapai  6.363 keluarga penerima manfaat.

“Program Keluarga Harapan bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Program ini juga mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dalam jangka pendek serta memutus rantai kemiskinan dan kesenjangan dalam jangka panjang,” kata Harry.

Secara keseluruhan, total bantuan sosial yang diperuntukkan  bagi  6.363 keluarga penerima manfaat di Aceh Tengah mencapai nilai Rp7.924.018.314,-.

%d blogger menyukai ini: