26 Rumah Rusak Diguncang Gempa di Gayo Lues

Blangkejeren - Sebanyak 26 rumah di Gampong Suri Musara, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, rusak akibat gempa.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dalam laporannya yang diterima Antara di Banda Aceh, Senin, menyebutkan, dari 26 rumah tersebut, satu di antaranya rusak berat dan 25 lainnya rusak ringan.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,0 skala Richter (SR) terjadi di Gayo Lues pada Senin 29 Mei 2017 pukul 04.54 WIB. Gempa terjadi di 27 kilometer barat laut Blangkejeren, ibu kota Gayo Lues dengan kedalaman 10 kilometer.

BPBA dalam laporannya menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Satu keluarga terdampak bencana tersebut dan mengungsi ke tempat saudara.

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mendirikan pos kesehatan di Gampong Suri Musara, lokasi terdampak gempa.

Selain itu, BPBD Gayo Lues akan mendistribusikan bantuan logistik masa panik. BPBD Gayo Lues juga masih melakukan pendataan terhadap dampak gempa tersebut.

Sementara itu, Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letnan Kolonel Inf Muhammad Faizal Nasution memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan bintara pembina desa agar mengecek dan memastikan apakah ada korban jiwa maupun rumah warga yang rusak.

Dari laporan melalui via telepon, katanya, satu rumah warga  rusak di bagian atas dan tidak ada korban jiwa. Masyarakat dimintanya tetap waspada dengan gempa susulan, kata dia.

"Kami juga memerintahkan untuk anggota yang bertugas di Kecamatan Pantan Cuaca agar membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak akibat gempa," kata Faizal. | ANTARA Aceh

%d blogger menyukai ini: