20 Kabupaten Kota se Aceh Ikut Ramaikan Kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah

Sekda Aceh Tengah Subhandhy melakukan lemparan bola Petanque pada acara pembukaan, Rabu (22/9/2021).

Takengon | lingePost - Sebanyak 275 peserta dari 20 kabupaten kota se Aceh Ikut meramaikan Kejuaraan Petanque Piala Bupati Aceh Tengah.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olaharga Kabupaten Aceh Tengah Zulfan Diara selaku Ketua Panitia Kegiatan mengatakan kejuaraan tersebut merupakan yang perdana di Aceh Tengah dan sekaligus dirangkai dengan ajang Pra Pora Aceh Tahun 2021.

"Kejuaraan ini diikuti oleh 20 kabupaten kota se Aceh, minus Kabupaten Subulussalam, Aceh Barat Daya, dan Pidie, yang akan menjadi Tuan Rumah pelaksanaan pada PORA Cabang olahraga Petanque mendatang," kata Zulfan Diara pada acara pembukaan di Lapangan Musara Alun Takengon, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya ada sebanyak 275 peserta yang saat ini hadir di Aceh Tengah terdiri dari Panitia, Pelatih, Officio pendukung, FOPI, Juri.

"Serta keikutsertaan aktif dari 45 Tim Petanque se Aceh yang terdiri dari 29 Tim Putra dan 16 Tim Putri, dengan mengikuti 13 nomor pertandingan cabang Petanque ini," tutur Zulfan.

Sementara Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi Aceh Abdurrahman dalam hal ini menyampaikan bahwa olahraga Petanque pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2011 pada event Asian Games, dan untuk Aceh sendiri baru dikenal pada tahun 2015 silam pada event Pekan Olahraga Mahasiswa.

Pada perjalanan di periode kedua FOPI saat ini kata dia perkembangan Cabor Petanque di Aceh semakin baik, dimana Tim Aceh sukses menjadi juara umum pada ajang Pra-PON yang digelar di Jakarta lalu.

"Dengan capaian tersebut, Tim Pra-PON Petanque Aceh menempatkan diri pada urutan pertama dari 25 provinsi yang ikut berlaga di Lapangan UNJ Jakarta," kata Abdurrahman.

Lanjutnya selama ini prestasi FOPI Aceh terus menanjak, baik di ajang nasional dan internasional, Capaian tersebut juga mengindikasikan bahwa pola pembinaan yang dilakukan FOPI Aceh berjalan dengan baik dan efektif.

 

 

KM

 

%d blogger menyukai ini: